Maarak Bungo Lamang

Tradisi Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW


Senin, 01 Februari 2016 - 01:40:32 WIB

SOLSEL,HALUAN—Na­gari Koto Baru selain me­miliki potensi destinasi wi­sata juga memiliki keunikan dalam tradisi adat istiadat. Hal itu dikatakan seorang tokoh masyarakat Koto Ba­ru, Desmeldi kepada Ha­luan, (30/1) saat me­ngun­jungi daerah itu.

Ia mengatakan, dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, ma­syarakat Koto Baru biasanya menyelenggarakan kegiatan “ Maarak Bungo Lamang” yaitu kegiatan arak-arakkan Lemang yang dihiasi bunga dan digantung uang kertas keliling kampung.

Maarak bungo lamang adalah menghias lamang (makanan dari ketan yang ditaruh dalam bambu). la­mang tersebut diberi pernik-pernik dan bunga-bunga yang diujungnya di lemkan uang kertas , tergantung berapa niat masyarakat un­tuk memberinya.

Biasanya, masyarakat juga menyelipkan duit dita­bung bambu yang berisi Lemang nantinya diarak oleh  anak-anak mengaji sepanjang kampung, dan diiringi musik tradisional dengan tujuan akhirnya ada­lah Masjid. Kemudian duit dikumpulkan di Masjid dan lemangnya disajikan kepada masyarakat.

“Setelah jumlah duit didapatkan, biasanya diper­gunakan untuk pem­bangunan Masjid dan untuk anak yatim setelah itu, baru diberikan ceramah aga­ma,” kata Desmeldi.

Selain itu ada juga ke­giatan Zikir Rebana yaitu kegiatan melantunkan pu­jian dan salawat kepada junjungan Nabi Mu­ham­mad disertai zikir dengan diiringi lantunan rebana. Kegiatan tersebut dalam rangka Mau­lid Nabi Mu­hammad,SAW.

Tetapi, masih ada tradisi yang cenderung dit­ting­galkan masyarakat, yaitu kegiatan Turun ke Sawah. “Kegiatan itu saat ini sudah jarang ditemui,”katanya. Turun ke Sawah biasanya dilakukan bersama-sama masyarakat saat mulai me­nanam padi di sawah dengan menyembelih Kerbau untuk dimakan bersama.

Ia meyakini, kegiatan tradisi tersebut bisa sebagai penunjang pariwisata Ka­wasan Saribu Rumah Ga­dang.”Saya yakin apabila tradisi tersebut jika tetap dilestarikan akan menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan,”katanya.

Seorang warga Koto Ba­ru, Abdul Gafur menye­butkan jika Nagari Koto Baru merupakan daerah yang memiliki keunggulan dari Nagari Lain di Solsel. Pasalnya, selain keberadaan Kawasan Saribu Rumah Gadang juga merupakan Nagari Pendidikan.(h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]