Nota APBD Segera Dikirim ke Gubernur


Senin, 01 Februari 2016 - 01:40:56 WIB

SOLSEL,HALUAN— Pemerintah Kabu­paten Solok Selatan (Solsel) segera me­ngirimkan nota Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ke Gubernur untuk dievaluasi.

“APBD sudah disetujui oleh DPRD Solsel dan sebagai tindak lanjut akan segera dikirimkan ke Gubernur untuk dievaluasi,” kata Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi.

Ia menjelaskan, keterlambatan penge­sahan APBD oleh DPRD karena masing-masingnya memanggil tidak dalam perte­muan resmi atau forum sehingga panggilan itu tidak bisa dipenuhi dalam waktu bersamaan.

“Kita meminta DPRD memanggil secara resmi di forum sehingga bisa dijelas­kan secara menyeluruh dan semuanya jadi jelas dalam suatu pertemuan resmi,” katanya. Dia berharap SKPD supaya mempersiapkan bahan untuk pengadaan sesuai instruksi Bupati nomor 500/008/Ekbang-2016 tentang percepatan proses lelang tahun anggaran 2016.

“Setelah evaluasi oleh Gubernur selesai dan tidak ada masalah lagi SKPD bisa langsung mendaftarkan proses lelang ke ULP sehingga prosesnya bisa cepat,” katanya.

Plt. Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abas mengatakan, pengesahan APBD terlambat disebabkan senior eksekutif yaitu Sekda tidak hadir saat rapat pembahasan dengan legislatif.

Ia menyebutkan, keterlambatan penge­sahan APBD dikarenakan adanya substansi yang bertambah di dalamnya sehingga perlu penjelasan. Selama ini, yang menghadiri panggilan rapat di DPRD hanya SKPD sehingga banyak keraguan yang diper­tanyakan tidak bisa mereka jawab.

“Kita butuh tanggapan yang jelas dari pemerintah daerah tetapi selama ini tidak terjadi, karena Sekda tidak hadir rapat dengan DPRD sehingga keraguan yang dipertanyakan belum terjawab dan im­basnya pengesahan APBD tertunda,” katanya.

Namun, setelah ada tanggapan terha­dap semua keraguan tersebut oleh Sekda dan tidak ada yang membahayakan baru ditandatangani oleh DPRD. (h/ans/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]