Program Desa Bebas Api Diluncurkan


Senin, 01 Februari 2016 - 01:43:31 WIB

PANGKALAN KERINCI, HALUAN — Sejalan dengan arahan dari Presiden untuk mengoptimalkan pen­cega­han kebakaran, pendekatan APRIL sudah tepat. Biaya yang dibutuhkan untuk me­madamkan sudah terbukti lebih mahal. Harus lebih banyak perusahaan meng­ikuti pendekatan ini agar arahan Presiden Joko W­i­dodo terwujud.

Demikian bunyi  kata sambutan Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti yang dibacakan Dirsatwa Ba­harkam Polri Brigjen Pol Andriyato Basuno saat pe­lun­curan Desa Bebas Api kembali digulirkan oleh perusahaan pulp dan kertas tingkat dunia Asia Pacific Resources International Holdings Limited (APRIL Group) untuk tahun 2016 dengan melibatkan 20 desa di sepanjang sungai Kam­par, Riau, Sabtu (30/1).

Kapolri menyampaikan apresiasinya atas program yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dan akan melibatkan lebih ba­nyak pihak di tahun ini. Menurutnya, program ini harus diikuti oleh pihak-pihak lain baik di sektor kehutanan maupun sektor lainnya.

APRIL meluncurkan kembali program ini di Pang­kalan Kerinci, Sabtu 30 Januari 2016. Program Desa Bebas Api ini adalah me­rupakan kelanjutan dari program percontohan di tahun 2015 telah berhasil bekerja sama dengan sem­bilan desa.

APRIL Group Indo­ne­sia Operations Managing Director Tony Wenas menu­turkan program Desa Bebas Api merupakan komitmen perusahaan untuk men­ce­gah terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang sering terjadi setiap tahunnya dan menciptakan desa dan wila­yah yang bebas api.

Tahun ini, Tony berharap sema­kin banyak desa ter­bebas dari api dan asap. Komitmen perusahaan ini juga ditandai dengan diang­garkannya dana sebesar US$1 juta untuk pence­gahan karlahut.

Sementara itu, Plt Gu­ber­nur Riau Arsyadjuliandi “Andi” Rachman, kembali menekankan bahwa prog­ram yang sudah dijalankan oleh RAPP ini harus di­contoh oleh perusahaan lain untuk menciptakan provinsi Riau yang bebas dari api dan asap, yang dimulai dari ma­syarakat setempat.

Salah satu penerima ban­tuan dari Program Desa Bebas Api tahun 2015, Ke­pala Desa Kualapanduk Tomjon, mengatakan me­rasakan manfaat yang besar dari program ini, di mana Desa Kualapanduk dapat membangun fasilitas desa yang akan dapat digunakan oleh semua warganya.

“Terima kasih APRIL. Dengan program ini, kami sekarang jadi dapat me­rasakan fasilitas desa yang akan digunakan setiap ha­rinya oleh seluruh warga. Selain dari fasilitas desa ini, kami juga mendapatkan cara-cara alternatif untuk mata pencaharian, seperti menanam karet,” kata Tom­jon.(h/yuk)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Juli 2017 - 14:09:04 WIB

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS), yang berdomisili di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mendukung penuh seluruh program yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Pessel terkait kemajuan daerah, khusu.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:01:32 WIB

    Program Rehabilitasi Narkoba Sepi Peminat

    Program Rehabilitasi Narkoba Sepi Peminat TANJUNGPINANG, HALUAN — Prog­ram rehabilitasi gratis bagi pecandu narkoba yang dijalankan sepi peminat. Para penya­lahguna narkotika di Kota Tanjungpinang dinilai belum kooperatif untuk mengikuti program rehabilitasi rawa.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 03:56:13 WIB
    BPJS Cairkan 90 Persen Klaim JHT

    Program PHK Beberapa Perusahaan Tetap Berjalan

    PEKANBARU, HALUAN — Sekitar 90 persen pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) telah dibayarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Provinsi Riau pada awal 2016. Hal ini berkaitan dengan ber­la.
  • Senin, 25 April 2016 - 03:04:59 WIB

    Kampung Madani Program Unggulan Pemko Pekanbaru

    Kampung Madani Program Unggulan Pemko Pekanbaru PEKANBARU, HALUAN —Pemerintah Kota Pekanbaru saat ini memiliki program ung­gulan yakni ‘ Kampung Ma­dani’ sebagai terobosan untuk pemberdayaan masyarakat da­lam rangka mewujudkan visi menjadikan Pekanbaru sebagai kot.
  • Rabu, 20 April 2016 - 02:24:02 WIB

    Bintan Luncurkan Program Akte Cepat

    Bintan Luncurkan  Program Akte Cepat BINTAN, HALUAN — Prog­ram Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk mem­berikan kemudahan dalam pembuatan akte kelahiran se­cara cepat, telah terwujud. Senin (18/4) pagi, bertempat di Aula Kantor Camat Bintan Timur, A.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]