Jelang PON

Gulat Sudah Siapkan Strategi


Senin, 01 Februari 2016 - 01:59:02 WIB

PADANG, HALUAN — Ca­bang gulat sudah mem­per­siapkan strategi untuk bisa memperoleh hasil yang terbaik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung Jawa Barat. Namun strategi tersebut masih menunggu keputusan dari Komite Olahraga Na­sional Indonesia (KONI) Su­matera Barat.

“Untuk soal strategi ter­sebut sudah saya sampaikan kepada Wakil Ketua II KONI Sumbar yaitu Handrianto, namun katanya nanti akan disampaikan kepada Ketua KONI, namun hingga saat ini para atlet masih latihan rutin seperti biasa saja,”ujar pelatih Gulat Sumatera Barat Ediswal, Kamis (27/1).

Menurut Ediswal ada be­berapa langkah untuk bisa meraih hasil terbaik di PON nanti. Tiga bulan pertama yaitu latihan fisik dan umum. “Di tiga bulan terakhir pertama ini harus dilakukan seleksi untuk mencari yang ter­baik,” pa­parnya.

Setelah itu di tiga bulan selanjutnya dilakukan latihan khusus. “Di akhir tiga bulan kedua ini juga dilakukan se­leksi. Tujuan dilakukan seleksi ini untuk memunculkan per­saingan diantara para atlet un­tuk menampilkan yang ter­baik,”ucapnya.

Lebih jauh dirinya me­ngatakan dalam cabang gulat ini meloloskan by class bukan by name. “Jika by name tentu si atlet akan santai-santai saja sebab mereka sudah pasti akan ikut ke PON, namun dengan by class saja si atlet tidak bisa santai, sebab mereka bisa saja diganti,”ujarnya.

Namun dirinya me­nga­takan selain  strategi tadi, faktor non teknis sangat mem­pe­nga­ruhi . “Pada Kejurnas kemarin sebenarnya bisa berbicara ba­nyak. Namun karena faktor non teknis kami tidak bisa berbicara banyak, jika tidak ada faktor non teknis saya yakin kami bisa mendapatkan le­bih,”paparnya.

Lebih jauh dirinya me­ngatakan jika strategi tadi dan faktor non teknis dijalankan maka cabang gulat akan mam­pu berprestasi nanti di PON. “Contoh masalah non teknis adalah seperti gizi si atlet. Namun jika persiapan biasa-biasa saja saya tidak berani untuk memasang target,” je­lasnya.

Atlet gulat Sumatera Barat  yang meraih tiket PON adalah  Nila Dafer (58 kg), Elvi Siska (48 kg), Mardiatul (53 kg), Rahmi Dewi Santika (55 kg), untuk  gaya grego Afriadi (54 kg), Doni Fadila (98 kg), Andre Permana (66 kg), Zendra Nazar (52 kg),Heru Fernandes (57 kg), Ardios (59 kg), M. Ansyar (85 kg), M. Agus Syahputra (70 kg) dan Rudi Alamsyah (75 kg) Gulastio (61 kg) gaya bebas serta Husnul Amri (84 kg). (h/san)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]