Sesuaikan dengan Visi Pasangan Terpilih

Bappeda Bukittinggi Mulai Susun Renstra


Senin, 01 Februari 2016 - 02:00:43 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bukittinggi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bukittinggi lakukan penyusunan Rencana Starategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bukittinggi untuk 5 tahun ke depan.

Renstra yang disusun ter­sebut berpedoman kepada visi dan misi Walikota Bu­kit­ting­gi  terpilih pada  pemi­lihan kepala daerah (Pilkada) De­sember lalu, yang nantinya akan dijabarkan dalam Ren­cana Progam Jangka Me­negah Daerah (RPJMD) Ko­ta Bukittinggi 2016-2020.

“Untuk penyusunan Ren­stra tersebut harus ber­pe­doman kepada visi dan misi walikota terpilih. Jadi untuk 2016 ini program yang di­ja­lankan disesuaikan de­ngan visi dan misi walikota terpilih yang saat ini masih dalam proses menunggu jadwal p­e­lan­tikan,” ujar Kepala Bap­peda Kota Bukittinggi Yu­nizar, kemarin.

Menurutnya, Renstra SKPD Bap­peda kota Bu­kit­tinggi Tahun 2016-2020 disusun untuk me­menuhi amanat Un­dang-un­dang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Pe­ren­canaan Pembangunan Na­sio­nal. Dalam p­enyusunannya, Renstra SKPD  memuat visi, misi, tu­juan, strategi, kebijakan, pro­gram dan kegiatan SKPD yang mengacu pada RPJMD Kota Bukittinggi.

Sebagai satuan kerja pe­rencanaan pembangunan dae­rah, Bappeda berperan mel­akukan kajian, telaah dan eva­luasi kebijakan pembangunan baik sebagai masukan untuk penyusunan rencana pem­bangunan daerah maupun untuk perumusan kebijakan kebijakan pembangunan. Oleh ka­rena itu tugas pokok dan fungsi Bappeda itu salahn satunya adalah penyusunan RPJMD tersebut.

Diakuinya, memang untuk proses penyusunannya me­ma­kan waktu dan kerja keras. Ter­masuk juga harus me­la­kukan Musyawarah Rencana Pemba­ngunan (Musrenbang). Hal ini harus dilakukan agar program dan kegiatan untuk 5 tahun ke­depan sebagaimana yang ter­tuang dalam visi misi kepala dae­rah terpilih dengan segala sasa­ran dan indi­ka­tornya masuk da­lam RPJMD Kota Bu­kit­tinggi.

Penyusunan RPJMD 2016-2020 tentunya berpedoman kepada visi dan misi walikota terpilih. Apa saja yang menjadi visi misi walikota terpilih harus menjadi perhatian bagi setiap SKPD dalam penyusunan ren­cana strategis yang akan dila­kukan. “Sebab, enam bulan se­telah pelantikan kepala dae­rah terpilih, RPJMD yang disusun tersebut sudah harus dite­tapkan,” jelas Yunizar. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 04:17:52 WIB
    Wabup: Harus Dituntaskan

    Kasus Proyek Gedung Bappeda Jangan Digantung

    DHARMASRAYA, HALUAN – Ka­sus dugaan korupsi proyek pemba­ngunan Gedung Bappeda (Peren­canaan Pembangunan Daerah) Dharmasraya, tidak boleh dibiarkan terkatung-katung tanpa kepastian atau digantung. Jika dalam pe­ngusutan.
  • Rabu, 14 Januari 2015 - 19:11:18 WIB

    Gedung Baru Bappeda Retak

    TEMUAN KOMISI II DPRD

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Selain menyorot soal adanya pembongkaran badan jalan ruas Taeh Bukik-Simpang Kapuak, anggota Komisi II (pem-bangunan) DPRD Limapuluh Kota juga menya.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]