Payakumbuh Ditawari Jadi Tuan Rumah FKMM


Senin, 01 Februari 2016 - 02:01:05 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Forum Minang Maimbau (FMM) menawarkan Kota Payakumbuh untuk menjadi tuan rumah Festival Kuliner Masakan Minang (FKMM) tingkat nasional, akhir 2016 ini.

Pengurus FMM  punya obsesi menjadikan masakan Minang sebagai daya tarik kunjungan wisatawan ke bumi Ranah Minang ke depan. Hal ini bagian dari keikutsertaan FMM dalam memajukan pe­ngem­bangan ke­pariwisataan di kampung halaman.

Tawaran gelar FKMM itu disampaikan pe­ngu­rus Fo­rum Mi­nang Maimbau kepa­da Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dalam pertemuan di Lantai VII Wisma Kodel, Jalan Thamrin, Jakarta, pekan lalu. “Kegiatan itu dinilai punya dampak positif ter­hadap dunia pariwisata Pa­yakumbuh dan Sumbar pada umumnya. Ajakan itu, sudah pasti kita terima,” ujar wa­likota, di dampingi, Syahnadel Khairi, Kadisparpora Paya­kumbuh, Minggu, (31/1).

Dikatakan, kalangan FMM yang hadir dalam pertemuan itu antara lain pengusaha na­sional H. Fahmy Idris, H. Mu­liadi (DPR RI), Billi Saputra, Firdaus, H. Is Anwar Dt. Rajo Perak dan Ronald. Sedangkan, Walikota Riza Falepi sendiri, hadir di damping oleh Kepala Dis­parpora Payakumbuh, Syah­nadel Khairi dan Ke­pa­la Dis­koperindag, Dahler. Ke­mudian juga hadir perwakilan Ke­menterian Pariwisata RI, I Nyoman Wija Sagara.

Menurut walikota, ada dua objek destinasi di Su­matera Barat yang telah ada dan lebih dulu maju utnuk di orbitkan ke tingkat nasional dan inter­nasional oleh FMM. Pertama, objek wisata Man­deh di Pasisir Selatan dan Kuliner Malam Payakumbuh. “Khusus untuk kuliner malam ini, FMM akan berbagi infor­masi dengan pihak pemko, guna meningkatkan mutu dan fasilitas kawasan berjualan makanan ini,” sebut wako ini lagi.

Fahmi Idris dan Muliadi menilai, lewat FKMM, dunia internasional akan makin mengetahui dan merasakan be­tapa nikmat dan ber­a­gam­nya aneka makanan khas Mi­nang. Sehingga turis yang datang ke Sumatera Barat, akan merasa belum lengkap jika tak menikmati kelezatan makan pada objek wisata Kuliner Malam Payakumbuh. “Karena itu, perlu sosialisasi yang intens untuk mem­per­kenalkan masakan Minang lezat, sehat dan halal ini,” ucap Riza, mengutip per­ka­taan para perantau tersebut.

Dalam pekan pertama Februari, lanjut Riza, pe­ngurus FMM Jakarta akan datang ke Payakumbuh untuk mendiskusikan dan melihat calon lokasi yang tepat yang akan dijadikan tempat ke­giatan FKMM. “Bersamaan dengan iven pacu kuda, para perantau itu akan kita bawa ke GOR Kubu Gadang untuk menyaksikan langsung pacu kuda, serta menawarkan lo­kasi yang pantas untuk dij­a­dikan lokasi kegiatan ter­sebut,” pungkasnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]