Kecamatan IV Koto Didera Galodo


Senin, 01 Februari 2016 - 02:02:42 WIB
Kecamatan IV Koto Didera Galodo Lapau Tagantuang Uni Gadih Sungai Jariang Panta, IV Koto, ambruk diterjang galodo dan pohon tumbang, Minggu (31/1).

AGAM,  HALUAN — Sejumlah lokasi dan ruas jalan di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, didera galodo Sabtu malam. Bencana  ini terjadi  menyusul tingginya intensitas  curah hujan sejak siangnya.

Di malam berhujan itu  juga dengan penerangan seadanya, Camat IV Koto Rahmi Artati, dan Kasi PMN Netti Hando dan Tran­tib Adrias, langsung terjun ke lokasi. Evakuasi dan upaya  perbaikan teruis  dilakukan hingga Ahad (31/1) petang.

Keterangan  Kasi PMN Netti Hando tadi malam,  setidaknya terdapat 11 titik longsor di wilayah keca­matan IV  Koto  yang lokasi­nya tersebar pada empat nagari. Di Nagari  Sianok, longsor terjadi  jorong Lam­bah, Jalan Pahambek dan Taruko. Kemudian di Na­gari Koto Panjang  8 titik  longsor masing masing  di jorong Kampuang Pisang 4  titik,  Sungai Jariang 4 titiak.  Sedangkan di nagari Koto Gadang  dan Jorong Sutijo 1 titik longsor. “Hingga saat  ini belum terkalkulasi bera­pa total  jumlah   kerugian material dari bencana ini. Seorang korban luka,  na­mun Alhamdulillah tidak ada korban  jiwa, “ jelas Netti.

Lokasi yang cukup parah  adalah ambruknya rumah makan “Lapau Tagatuang”  yang  diterpa  galodo ber­sama  pohon mangga yang cukup besar. Tak ada harta benda  keluarga Kasandra Gusti Ayu  yang dapat terse­lamatkan dalam bencana ini.

Hingga kemarin, Camat IV Koto Rahmi Artati, Kasi PMN Netti Hando dan Tran­tib Adrias bersama  Kalak BPBD Agam Bam­bang Warsito dan anggota dan Muspika terus mela­kukan evakuasi dan per­baikan agar arus trans­por­tasi segera pulih. BPBD dan PU  Sumbar  juga sudah di­mintai agar menurunkan ban­tuan alat-alat berat.   (h/dn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]