Tak Juga Diperbaiki PU Sumbar

Jalan Provinsi Ditanami Pisang


Senin, 01 Februari 2016 - 02:03:58 WIB
Jalan Provinsi Ditanami Pisang Inilah badan jalan setrategis provinsi di Jorong sikabu, Kenagarian Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung yang ditanami pisang. (RAHMAT)

Agam, Haluan — Banyak cara yang dapat dilakukan agar pe­me­rintah peduli.  Masyarakat Jorong Sikabu, Kenagarian Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Ba­sung, menanam sebatang pohon pisang di tengah jalan. Warga sudah lama resah karena jalan provinsi yang rusak parah  ini  tidak  juga  diperbaki pihak Dinas Prasjaltarkim provinsi  Sumbar.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Aris Miyanto Dt. Majo Kayo kepada Haluan Ahad kemarin mengatakan, jalan provinsi strategis di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, sudah banyak yang rusak dan berlubang. Penanaman batang pohon pisang dilakukan secara sengaja pada lubang yang cukup besar di tengah jalan.  Warga khawatir terjadi kecelakaan akibat lubang yang cukup besar yang berada persis di depan Mesjid Raya Sikabu  itu.

“Lubang pada ruas jalan dekat Mesjid Raya Sikabu  tersebut cukup besar, apabila masuk ke dalammnya sangat berpotensi untuk jatuh, kemaren warga menanam anak pisang di lubang pada badan jalan. Penanam­an pohon tersebut merupakan bentuk ke­kahwa­tiran masyarakat serta sebagai tanda agar pengguna jalan berhati-hati,” katanya.

Dikatakan Misyanto, masyarakat berharap pemerintah melakukan secapatnya perbaikan terhadap jalan tersebut. Minimal dilakukan penimbunan sehingga tidak menimbulkan korban bagi penggguna jalan. “ Apabila dibiarkan lubang tersebut bisa menyebabkan kecelakaan, tidak sedikit masyarakat yang hampir jatuh ketika masuk dalam lubang tersebut,” katanya.

Salah seorang masyarakat  di Lubuk Basung mengatakan, kerusakan pada ruas jalan strategis provinsi dari tidak hanya di Kampung Tangah, pada jalur yang meng­hubungkan Lubuk Basung menuju Maninjau juga banyak yang rusak. Pada bagian tertentu, lubang  pada  badan jalan sudah sampai 50-100 cm, kondisi tersebut tentu saja membuat resiko kecelakaan menjadi tinggi.

Selain itu kerusakan juga menyebabkan jarak tempuh yang diperlukan pengendara menjadi lebih lama.  Keadaan seperti sekarang tentu sangat membahayakan pengendara apalagi ketika musim hujan, lobang menganga terisi air hujan. Pihak Pemprov atau Dinas PU Sumbar terkait seperti Prasjaltarkim diharapkan serius menanggapi hal tersebut. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]