Pasar Lubuk Buaya Mulai Tertata


Senin, 01 Februari 2016 - 02:07:55 WIB
Pasar Lubuk Buaya Mulai Tertata Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang melakukan pengerukan di pelataran depan Pasar Lubuk Buaya.Tiga alat berat langsung diturunkan ke lokasi, mengeruk dan menimbun untuk kemudian dilakukan pengaspalan. (OSNIWATI)

PADANG, HALUAN — Pascapemindahan sebanyak 215 lebih pedagang ke Lantai II Pasar Lubuk Buaya, bagian depan pasar yang dulu penuh sesak oleh pedagang, kini terlihat lapang dan nyaman.

Pantauan Haluan, Ming­gu (31/1), di Lantai II Pasar Lubuk Buaya, meski di­penuhi oleh pedagang, akan tetapi suasana di dalam pasar tidak sumpek. Justru nyaman dan sejuk.

Seorang pedagang Reni mengaku senang berjualan di lantai II Pasar Lubuk Buaya dibanding berjualan di bawah. Sebab di lantai II kondisinya cukup kering dan nyaman karena tidak ber­panas-panas.

Cerita sama juga di­ung­kap­kan Al. Pedagang sayur ini me­ngaku bahwa sejak pindah ke lantai II pen­jualannya jauh me­ningkat. Bahkan, menurut Al, jika ada pedagang yang kembali tu­run ke bawah akan di­tegur.

Tidak hanya pedagang yang merasa nyaman di ba­ngunan lantai II Pasar Lu­buk Buaya, pembeli pun juga mengakui hal serupa. Banyak yang berpen­dapat, dengan pin­dahnya peda­gang ke lantai II akan me­mu­dahkan pembeli un­tuk membeli barang yang di­perlukan.

“Kalau dulu sulit untuk men­cari barang yang akan dibeli. Tapi kalau sekarang sudah tertata dengan baik, jadi tahu di mana tempat yang menjual barang yang kita inginkan.

Kalau semua pasar tra­disio­nal seperti ini di Kota Padang, alangkah enaknya berbelanja,” ung­kap Neng, yang datang ber­belanja ke Pasar Lubuk Buaya bersama anak-anak­nya.

Kepala Dinas Pasar Ko­ta Padang, Endrizal menga­takan setelah ini pedagang di bagian sisi kiri dan kanan Pasar Lubuk Buaya akan dipindahkan ke lantai II. Ini dilakukan setelah tahap III pengembangan pasar dila­kukan.

“Kita berharap kenya­ma­nan dalam aktifitas jual beli di pasar tetap diper­tahankan,” katanya

Sementara itu, pelataran parkir yang sudah kosong akan di tata. Sabtu (30/1) lalu alat berat Dinas Pe­kerjaan Umum Kota Padang melakukan pengerukan di pelataran depan Pasar Lu­buk Buaya tersebut.

Tiga alat berat langsung ditu­runkan ke lokasi, me­ngeruk dan menimbun un­tuk kemudian dila­kukan pengaspalan. Pengerjaan ini ditinjau langsung Walikota Padang Mahyeldi.

Walikota mengatakan pe­nger­jaan merapikan pela­taran ini dimulai Sabtu (30/1) dan dies­timasi akan sele­sai beberapa hari ke depan. Setelah selesai nan­tinya pelataran tersebut dapat digunakan sebagai tempat parkir sehingga tidak lagi mengganggu jalan raya dan menjadi penyebab kema­cetan selama ini.

Apabila semua berjalan se­suai rencana, Mahyeldi meyakini Pasar Lubuk Bua­ya akan ramai selama 24 jam.

Sebab, selain di­guna­kan se­bagai tempat parkir, pada Sabtu malam atau malam menjelang libur, pelataran parkir ini juga dapat digu­nakan sebagai tempat me­ngadakan pasar malam. Se­hingga Pasar Lu­buk Buaya ramai dari pagi hingga esok harinya.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Pa­dang, Hendri Viton menga­takan pe­ngas­palan pela­taran dikerjakan mulai Sab­tu (30/1) ini.

Sesuai sketsa Dinas Pa­sar Kota Padang, pengas­palan pe­lataran pasar akan dilakukan di bagian tengah. Sedang di sisi depan dan samping nantinya akan dibangun taman dan ram yang dikerjakan oleh Dinas Pa­sar.

“Pengaspalan ini me­makan biaya kurang dari Rp200 juta dengan estimasi waktu pe­nger­jaan dua ming­gu paling lama,” terang­nya.(h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]