Warga Harus Waspadai Virus Zika


Senin, 01 Februari 2016 - 02:12:19 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah me­nya­takan virus zika telah menyebar secara eksplosif. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, menghimbau kepada ma­sya­rakat untuk mewaspadi virus yang saat ini mulai me­landa wilayah Amarika, walaupun di Indonesia belum ditemukan virus Zika ini.

"Kita hanya mengingatkan kembali, perlu dilakukannya pencegahan sebelum terjadi. Apalagi di wilayah kita sekarang kasus DBD mulai meningkat," ujar Ka­diskes Riau Andra, Minggu (31/1).

Dijelaskan Andra, gejala yang dari virus Zika ini muncul hampir sama denga DBD, dan panas tinggi. Penyebab timbulnya pe­nyakit ini penularan juga melalui nyamuk Ae­des Aegypti. Untuk itulah perlu ke­was­padaan terhadap lingkungan yang ada disekitar.

Cara mencegahnya adalah dengan me­nyemprot kamar dengan obat anti nyamuk, selain utk waktu tidur malam juga siang hari. Selain itu Ia juga menyarankan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah.

“Kita juga harus senantiasa menjaga pertahanan tubuh, makan minum yg bersih dan panas. Kebersihan lingkungan perlu dijaga agar tidak ada jentik nyamuk yang nantinua bisa berkembangnya nyamuk aides aigepsi," jelas Andra.

Orang yg terjangkit virus Zika, kata Andra, akan merasakan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas. Mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung. Seperti gejala Chikungunya dan DBD.

"WHO telah mengumumkan utk selalu Waspada. Di Riau memang belum ada kasus. Wabah muncul dari Amerika Latin, menyebar bisa terjadi jika ada yg baru bepergian atau datang dari sana," tambahnya.

Saat ini dengan potensi meningkatnya kasus demam berdarah , wabah zika dan gejala penyakit seperti flu, obatnya tidak ada hanya mengobati gejala maka jika ada demam pada warga lebih dari 3 hari segera datang ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Yang jelas kalau sudah ada gajala seperti itu segera dibawa kerumah sakit. Lebih biak kita mencegahnya terlebih dahulu," tutup Andra. (hr/nur)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]nhaluan.com