Paksa Penumpang Turun

Bus AKAP Diamankan Polisi


Senin, 01 Februari 2016 - 02:14:47 WIB
Bus AKAP Diamankan Polisi Mobil Bus CV Kita Bersama diamankan di Mapolres Dharmasraya oleh Laka Lantas Polres setempat karena sopir bus mengendarai tidak punya SIM dan seri plat nomor mobil tidak sesuai dengan STNK mobil. (BADRI ALAINA)

DHARMASRAYA, HALUAN — Satu unit bus antara kota antar provinsi (AKAP) jurusan Sibolga-Jambi diamankan di Mapolres Dharmasraya, Ming­gu (31/1) karena identitas ken­daraannya tak sama dengan surat-surat kendaraan tersebut. Hal ini terungkap setelah polisi menerima keluhan dari seorang penumpang Tahali Ndoru yang diturunkan secara paksa oleh awak bus. Belakangan dike­tahui, sang penumpang adalah ayah dari seorang anggota Polres Dharmasraya, Brigadir Ndoru.

Kapolres Dharmasraya AK­BP Lalu Muhammad Iwan Ma­har­dan, melalui Kanit Laka Ipda Jumes Putra, mengatakan, pi­hak­nya telah menahan sebuah mobil bus CV Kita Bersama di mako Polres, pasalnya sopir tidak mempunyai SIM dalam mengendarai dan seri plat no­mor mobil juga diganti.

“Benar kita sudah lakukan tilang. Seri nomor polisi seha­rusnya BB 7021 JA sesuai dengan STNK, diganti BB 7021 LJ alias palsu,”tandasnya.

Dalam pemeriksaan sebe­lumnya,  sopir dan kernet bus dilepaskan oleh anggota polisi Polres Dharmasraya, namun mobil bus tersebut ditahan oleh Laka Lantas Polres setempat di Mapolres Dharmasraya. Pa­salnya sopir diketahui me­ngen­darai tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM), juga nomor seri plat nomor asli diganti.

Sebelum diamankan petu­gas, bus asal Sibolga, Sumatera Utara ini ditumpangi Tahali Ndoru dengan tujuan Dhar­masraya. Namun, si penumpang belum membayar ongkos secara penuh dan berjanji akan diba­yar oleh anaknya di Dhar­mas­raya. Namun, awak bus tak terima dan ia diturunkan paksa. Begitu Tahali sudah turun, ia dilihat oleh teman sang anak. Kejadian ini-pun dilaporkan si teman kepada Brigadir Ndoru.

Begitu bus melewati kawa­san Dharmasraya, Ndoru meng­hentikan bus tersebut dan diba­wa ke Mapolres. Begitu dipe­riksa, ternyata kendaraan ini ber­ma­salah dengan surat-su­ratnya.

Kepada wartawan, Brigadir Ndoru mengaku memaafkan perlakuan sopir itu, karna ayah­nya sudah dike­ta­­hui tem­patnya dan akan dij­emput ke TKP de­ngan mobil pribadi. “Semestinya sopir men­­­ja­ga keselamatan penum­pang hingga sampai tu­juan, bu­kan bertindak semena-mena a­tas penum­pang,” ka­tanya.(h/mg-bdr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:56:39 WIB

    Kontribusi Mulyadi Sudah Jelas Terbukti di Semua Wilayah Sumbar

    Kontribusi Mulyadi Sudah Jelas Terbukti di Semua Wilayah Sumbar HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi menunjukkan kontribusi nyata dalam rangka membangun masyarakat ke arah yang lebih baik. Berbagai bantuan dan dana pembangunan sukses dibawa Mulyadi ke Sumbar..
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:42:33 WIB

    Waduh, Positif Covid-19 di Sumbar Tembus 1000 Kasus

    Waduh, Positif Covid-19 di Sumbar Tembus 1000 Kasus HARIANHALUAN.COM - Kasus terkonfirmasi di Sumatra Barat sudah mencapai angka 1.006 orang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan Positivity Rate berjumlah 1,54 persen, angka ini terus naik sejak sepekan lalu yang hanya 1,50 p.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:36:27 WIB

    Syiarkan Islam, Buya Syafrizal Tembus Belantara Jorong Galugua

    Syiarkan Islam, Buya Syafrizal Tembus Belantara Jorong Galugua HARIANHALUAN.COM - Dai kondang yang juga Ketua Umum Dai dan Da'iyah serta Sekretaris Umum BKMT Sumatera Barat, Buya Haji Syafrizal Sf, SIQ, S. Ag, M. Pd, ikhlas bertarung nyali demi menebar syiar Islam hingga ke pelosok salah.
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 09:28:25 WIB

    Aliansi Mahasiswa Kembali Turun ke Jalan, Tolak Kebijakan Omnibuslaw

    Aliansi Mahasiswa Kembali Turun ke Jalan, Tolak Kebijakan Omnibuslaw HARIANHALUAN.COM - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Sumatra Barat kembali mengadakan unjuk rasa di depan tugu Adipura dekat kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar. Mahasiswa yang tergabung dari berbagai.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:01:43 WIB

    Tembus 80 Persen, Sumbar Kembali Laporkan 16 Pasien Sembuh Hari Ini

    Tembus 80 Persen, Sumbar Kembali Laporkan 16 Pasien Sembuh Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) sudah menembus angka 81,20 persen hingga Sabtu (27/6/2020) pagi. Angka ini merupakan total kesembuhan tertinggi di Indonesia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]