Warga Bayang Eks Gafatar Ada di Kalteng


Senin, 01 Februari 2016 - 02:17:50 WIB

PAINAN, HALUAN — Empat keluarga asal Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) diduga berada di Kalimantan Tengah (Kalteng). Jumlah keseluruhan mencapai 30 jiwa dan telah hilang dari kampungnya semenjak tahun 2015 lalu. Aparat masih kesulitan melacak keberadaan mereka karena di Kalimantan telah berpencar -pencar.

Kapolres Pesisir Selatan mela­lui Kepala Satuan Intelkam Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suhendriyatno di Painan menga­takan, sekitar 30 jiwa yang sebelumnya dilaporkan telah bergabung dengan aliran sesat tersebut sudah tidak lagi tinggal di Bayang. Mereka dike­tahui meninggalkan Ba­yang se­menjak tahun 2015.

Disebutkannya, dari infor­masi yang didapat, warga Bayang eks Gafatar di Kalimantan Te­ngah telah berpencar – pencar sehingga sulit melacak mereka. Terkait hal itu polisi masih mela­kukan komunikasi dengan pihak terkait di Kalimantan Tengah.

Hal senada juga dikemu­kakan Kepala Kesbangpolinmas Pemkab Pessel Dailipal. Peme­rintah bersama pihak terkait sedang menelusurinya. ”Kami lakukan komunikasi dan koor­dinasi dengan Pemrov Kali­mantan Tengah dan Barat. Jika sudah ada kepastian Pemkab Pessel akan menjemput ke sana,” tegas Dailipal.

Jika sudah dapat kepastian menurutnya, mereka segera dipu­langkan ke Bayang. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ke­mudian siap mensosialisasikan ke masyarakat bahwasanya me­reka yang sebelumnya tergabung dengan Gafatar sudah kembali ke jalan yang benar.

“Jika warga menolak keda­tangan mereka, kami akan laku­kan musyarawarah bersama to­koh masyarakat. Jika memang diperlukan tempat penampungan sementara, Dinas Sosial akan siap memberikan penampungan sementara,” katanya (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]