Nagari Simarasok Realisasikan Dana Desa


Senin, 01 Februari 2016 - 09:46:21 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Alokasi Dana Desa dari APBN yang dikucurkan Pemkab Agam untuk Nagari Simarasok Kecamatan Baso berhasil direalisasikan 95 parsen. Dengan jenis kegiatan pelak­sanaan di bidang pembangunan dan bidang pemberdayaan masyarakat.

“Untuk tahun 2015 kemarin, Nagari Simarasok mendapatkan anggaran dana desa sekitar Rp 300, 2 Juta. Anggaran tersebut lebih banyak dimanfaatkan untuk bidang pembangunan dan pem­berdayaan masyarakat dengan realisasi untuk pelaksanaan pembangunan diatas 95 parsen, dan untuk pemberdayaan antara 85 hingga dan 98 parsen,” kata Walinagari Simarasok, Yandri Dt Si­marajo kepada Haluan, kemarin.

Dikatakannya, adapun jenis kegiatan di bidang pembangunan yang telah dilaksanakan melalui dana APBN tersebut diantaranya, terbukanya jalan produksi Pintu Koto-Ranah sepanjang 1,213 M, dengan realisasinya mencapai 99,6 parsen. Terbukanya jalan produksi Pintu Rimbo-Kabun Kampehsepanjang 1.250 M, dengan realisasi 98 parsen.

Kemudian terbukanya jalan pro­duksi Kampeh-Pincuran Kambing sepanjang 256 M dengan realisasi 98,8 parsen, serta terbukanya jalan produksi Dulang Panta-Durian sepanjang 2.300 M, dengan terealisasi 98,8 parsen. Sedangkan untuk kegiatan penye­lengga­raan Paud nagari terealisasi 99,5 parsen.

Untuk kegiatan pemberdayaan mas­ya­rakat diantaranya, pelatihan menjahit Sepray dan Badcover, pelatihan pem­buatan makanan ringan local oleh dasa wisma, usaha peternakan itik dasa wisma dan usaha peternakan itik bagi KK Miskin. Untuk pemberdayaan masyara­kat ini realisasinya antara 84 hingga 98 parsen.

“Kegiatan pemberdayaan masyara­kat ini bertujuan agar terlatihnya anggota masyarakat dalam kegiatan pembukaan kegiatan Home Industri, sehingga dapat menambah penghasilan ekonomi rumah tangga mereka,” jelas Yandri.

Menurutnya, pada tahun lalu Nagari Simarasok tidak saja mendapatkan bantuan anggaran dana desa dari APBN, tapi juga mendapatkan anggaran dari  APBD kabupaten dan APBD Propinsi yang dimanfaatkan untuk jenis kegiatan di bidang penyelenggaraan pemerin­tahan dan pembinaan kemasyarakatan.

Dengan demikian, selama 2015 sejumlah jenis kegiatan di bidang pemerintahan, pembangunan, pem­binaan kemasyarakatan dan pember­dayaan masyarakat dari anggaran APBN, APBD Propinsi dan Kabupaten, telah direalisasikan oleh Nagari Simarasok, meskipun ada sebagai kecil jenis ke­giatan yang belum terealisasikan.

“Kegiatan-kegiatan yang tidak terea­lisasi selama tahun 2015 dari anggaran bantuan desa tersebut, maka sisa angga­rannya dimasukkan ke Silpa 2016,” pungkas Yandri yang juga didampingi Kaur Pembangunan, Heky Harianto. (h/tot)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]