Akreditasi Sekolah Tentukan Kuota SNMPTN

Sekolah Ramai-ramai Ajukan Reakreditasi


Senin, 01 Februari 2016 - 10:01:37 WIB

PADANG, HALUAN —Tahun ini, nilai akre­ditasi sekolah ikut menentukan kuota yang didapatkan tiap sekolah saat mendaftarkan siswanya pada jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Dengan kondisi ini, banyak sekolah berlomba-lomba mengajukan reakreditasi ke Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP SM).

Kepala BAP SM Prof Su­fyar­ma Marsidin sa­at ditemui Ha­luan di ka­n­tor­nya m­engatakan, ber­dasarkan re­kap hasil akre­ditasi BAP SM Sumbar 2015 ter­­hadap 306 SMA-sederajat, sebanyak 96 se­kolah men­da­pat­­kan nilai akreditasi A, 142 sekolah meraih akre­ditasi B, 59 sekolah mem­peroleh akreditasi C dan 9 sekolah tidak terakreditasi.

“Itu bukan jumlah ke­seluruhan sekolah, 306 itu yang kami nilai selama 2015 saja. Sedangkan untuk data sekolah keseluruhannya se­dang dalam proses pere­kapan,” terangnya kemarin.

Dengan lahirnya aturan ini, tambah Sufyarma, ban­yak sekolah yang berencana meningkatkan akreditasinya dengan melakukan reak­reditasi ke BAP SM Sumbar.

Kepala BAP SM Prof Sufyarma Marsidin saat ditemui Haluan di kantor­nya mengatakan, pada SN­M­P­TN tahun ini, sekolah dengan akreditasi A dapat mengikutkan 75 persen sis­wa terbaik dari total siswa kelas XII, sekolah dengan akreditasi B dapat mengi­kutkan 50 persen siswa terbaik, sekolah dengan akreditasi C dapat mengi­kutkan 20 persen siswa terbaik, dan sekolah yang belum terakreditasi dapat mengikutkan 10 persen sis­wa terbaik.

“Dari tadi su­­­dah ber­gant­ian sekolah me­ng­hubungi saya menanyakan so­al reakreditasi. Mereka ingin me­­ning­katkan akreditasi demi menambah ku­o­ta peserta SN­MPTN dari se­kolah mereka. Itu sah-sah saja asalkan akreditasi yang lama sudah berjalan sedikitnya dua ta­hun. Yang pasti tidak ada peluang untuk meminta nilai tertentu, semua ber­jalan sesuai mekanisme yang berlaku,” ucapnya.

Dijelaskannya juga, me­nangg­api akreditasi yang memengaruhi kuota se­ko­lah saat mendaftarkan sis­wanya pada SNMPTN un­dang­an, Kepala SMA 3 Solok Selatan, Samsuria kepada Haluan mengaku akan berusaha mencapai target kelulusan siswanya ke PTN pada tahun ini.

“Sejak tahun lalu, kami telah daftarkan seluruh sis­wa kami yang memenuhi syarat untuk jadi undangan SNMPTN. Seperti itu pula tahun ini akan kami laku­kan dengan peluang 75 persen siswa terbaik bisa mengikuti ujian melalui jalur undangan tersebut,” ucapnya.  (h/isq)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 November 2019 - 13:51:31 WIB

    DPRD Padang: Hentikan Pungli di Komite Sekolah!

    DPRD Padang: Hentikan Pungli di Komite Sekolah! PADANG, HARIANHALUAN.COM - Maraknya pungutan liar dengan modus pembayaran komite sekolah membuat DPRD Kota Padang geram. Anggota DPRD Kota Padang Helmi Moesim Jumat (23/11) mengatakan, dalam Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 t.
  • Rabu, 06 September 2017 - 22:23:49 WIB

    Rekam Data KTP el, Dukcapil Sasar Lapas dan Sekolah

    Rekam Data KTP el, Dukcapil Sasar Lapas dan Sekolah PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang sasar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A, Muaro, sekolah-sekolah dan panti asuhan untuk merekam data warga dalam penerbitan Kar.
  • Rabu, 26 April 2017 - 09:04:21 WIB

    Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter

    Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter PADANG, HALUAN -- Pemerintah Kota Padang saat ini sedang merancang konsep tentang pembangunan sekolah shelter. Konsep sekolah shelter tersebut nantinya akan dibangun pada daerah-daerah zona merah terutama disepanjang pesisi.
  • Senin, 24 April 2017 - 14:32:30 WIB

    Sekolah di Padang Bakal Pakai Konsep Shelter

    Sekolah di Padang Bakal Pakai Konsep Shelter PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kondisi Kota Padang yang rawan bencana, membuat pemerimtah harus memikirkan keselamatan warganya ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami..
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 01:02:31 WIB

    Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional

    Tiga Sekolah  di Padang Raih Adiwiyata  Nasional JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 860 sekolah mulai dari tingkat SD hingga SLTA se Indonesia masuk dalam daftar penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hu­tanan (KLHK), untuk kemudian diberikan Peng­hargaan Adiwiyata 20.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]