I Putu Venda

Tak Bosan Sebarkan Virus


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:29:42 WIB
Tak Bosan Sebarkan Virus

Sesuai fitrahnya, manusia memiliki beban dan persoalannya sendiri-sendiri. Per­bedaannya, adalah bagaimana cara se­seorang dalam memperlakukan diri, serta sejauh mana mereka telah berbuat untuk melayani, memberikan yang terbaik dan berbagi kebahagiaan kepada sesama.

“Hakikatnya seperti itu. Karena manusia hidup, ada­lah untuk menelusuri jiwa dan menemukan api yang tak pernah padam di dalam dirinya. Disadari atau tidak, inilah misi suci yang di­titip­kan Allah SWT kepada kita dan harus direalisasikan dengan bekerja,” kata I Putu Venda, S.STP, M.Si dalam perbincangan dengan Ha­luan, Senin (1/2).

Pria 39 tahun kelahiran Kota Payakumbuh yang kini menjabat Kepala Dis­hub­ko­minfo Kota Padang Panjang ini, memang dikenal sebagai sosok yang tak bosan-bosan­nya menyebar virus ke­bai­kan bagi sesama. Melalui profesi sebagai abdi Negara yang telah dilakoninya sejak tahun 1995, Venda memang berkomitmen untuk men­jadikan pekerjaannya se­bagai ladang amal.

“Pekerjaan adalah wujud aktualisasi diri. Apapun pekerjaan selama dijalani dengan ikhlas dan semata mengharapkan ridho Allah SWT, maka setiap yang kita kerjakan akan menjadi iba­dah dan menjadi berkah. Apalagi sebagai seorang PNS, yang memang sangat dituntut bekerja ikhlas un­tuk melayani masyarakat,” kata Wakil Ketua FKPPI Padang Panjang itu.

Mantan camat terbaik I tingkat Kab. Agam pada tahun 2012 lalu itu, memang tak bosan-bosannya men­ye­bar virus kebaikan di ber­bagai kesempatan, te­ru­tama di lingkungan kerja dan instansi yang dinakhodainya (7 tahun menjadi camat di 3 daerah berbeda). Setiap pelaksanaan apel pagi yang dipimpinnya, Venda tak sungkan-sungkan mem­beri­kan ‘kuliah tujuh menit’ kepada bawahannya.

“Mari terus berbagi ke­ba­hagiaan dan menyebar kebaikan. Apalagi sebagai palayan masyarakat, kita memang harus dituntut be­kerja ikhlas dan melayani. Semoga apa yang kita kerja­kan hari ini, akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Venda pada suatu ke­sem­patan apel pagi di Dis­hub­kominfo Padang Panjang.

Jebolan S2 Universitas Indonesia jurusan Sosiologi yang berhasil mengantarkan Nagari Sungaipua menjadi juara I tingkat nasional pada tahun 2009 lalu itu, me­mak­nai hakikat pe­kerjaan yang sesungguhnya sebagai se­buah kegiatan spiritual, yang intinya adalah untuk me­layani orang lain.

“Bukankah tidak ada kata yang lebih indah di tempat kerja, kecuali ‘me­layani’. Sebagus apapun pekerjaan kita, jika hal itu tidak ditujukan untuk me­la­yani orang lain, maka pe­ker­jaan itu akan ke­hilangan berkah dan kemuliaannya,” tandas Venda. (ryan syair)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]