LMB Jaga Perayaan Imlek


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:31:07 WIB

KARIMUN, HALUAN—Ketua Laskar Melayu Bersatu (LMB) Karimun Datuk Panglima Muda Azman Zainal meyakini, perayaan Imlek di Kabupaten Karimun akan berlangsung dengan aman dan tertib. Pasalnya, toleransi umat beragama dan penganut kepercayaan di Karimun selama ini sudah sangat terpelihara dengan baik.

“Saya sudah sampaikan kepada warga Tionghoa, silakan merayakan Imlek, namun hargai juga umat lainnya, jangan sampai mereka terusik. Kerukunan umat beragama di Karimun selama ini sudah terpelihara dengan baik. Jadi, saya yakin perayaan Imlek akan berjalan dengan aman,” kata Azman didampingi tokoh Tionghoa lainnya, Minggu (31/1).

Azman juga menghimbau kepada warga Tionghoa agar merayakan kegembiraan Imlek seperti pesta kembang api dan pembakaran mercon dilakukan sesuai dengan dengan aturan yang sudah dise­pakati sebelumnya. “Merayakan kegem­biraan itu boleh saja, tapi jangan sampai umat lain terusik,” sebutnya.

Dia mengaku, telah mengumpulkan beberapa tokoh agama dan tokoh Tionghoa yang ada di Karimun untuk bersama-sama menjaga Karimun agar tetap dalam keadaan aman dan kondusif. Apalagi, dalam mera­yakan hari besar agama tertentu, semua tokoh-tokoh agama berperan besar dalam mengajak umatnya untuk menjaga toleransi umat beragama.

Ahiong, salah seorang pengurus Toa Pek Kong Meral mengucapkan terima kasih atas dukungan dan rasa empati yang diberikan Ormas LMB dalam menjaga kerukunan umat beragama, khususnya dalam perayaan Imlek di Karimun. Karena, dengan duku­ngan itu maka masyarakat Tionghoa di Karimun akan merasa tenang dalam mera­yakan hari besarnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ketua LMB Karimun yang telah memgum­pulkan tokoh-tokoh agama, seperti ustadz, pendeta dan pengurus Toa Pek Kong, Camat Meral dan Kapolsesk untuk duduk bersama membahas dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Imlek,” tuturnya.    

Sementara, Polres Karimun mener­junkan 150 Personel untuk mengamankan perayaan tahun baru Imlek ke 2567, yang akan dipusatkan di beberapa titik, seperti Balai, Meral dan Tebing. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Karimun, I Made Sukawijaya melalui Kabag Ops Polres Karimun, Kompol M Chaidir, Minggu (31/1) siang. (ham)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]