Polres Imbau Giatkan Siskamling


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:34:39 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sawahlunto AKBP.Djoko Ananto SIK menghimbau agar seluruh aparat desa diwilayah hukum Sawahlunto untuk meng­giatkan Sitim Kemananan Lingkungan(Sikamling), meng­antisipasi terjadinya gangguan kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) diwilayah masing masing.Sekaligus men­cegah masuknya para penganut paham radikalisme, yang begitu meresahkan saat sekarang ini.

Sekaitan dengan hal itu, pihaknya telah melakukan pertemuan bersama aparat desa dan kelurahan yang ada dikota ini, termasuk mengunjungi para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya, untuk membangun kerjasama dan sinergitas dalam menciptakan kamtibmas, dan meng­antisipasi hal-hal yang berkembang di tengah masyarakat terutama yang mengan­cam keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita rutin melakukan penyuluhan penyuluhan dengan sasaran kelompok kelompok masyarakat, untuk membangu kesadarab mereka agar tidak terpengaruh dengan isu isu yang dilancarkan oleh pihak tertentu, sehingga dapat memecah keutu­han hidup berbangsa dan bernegara,” sebut Djoko Ananto.

Ia ingin, masyarakat bisa membangun kerjasama dan komunikasi yang petugas terkait dalam menghadapi gangguan kam­tibmas,sehingga warga tidak bertindak sendiri jika mengetahui atau memiliki informasi terkait gangguan yang terjadi, apalagi langsung main hakim sendiri. Pihaknya ingin masyarakat peduli akan kemanan dan ketertiban dilingkungannya masing masing tidak sekedar tugas dari aparat penegak hukum saja.

“Dengan kembali menggalakkan Sis­kam­ling, tentu akan mempersempit ruang gerak dari masuknya orang orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, termasuk ,masuknya paham paham radikal yang tidak sesuai dengan tatanan hidup masyarakat kita,” harapnya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]