Tingkatkan Populasi Sapi

Target Inseminasi Buatan 1.750 Ekor


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:35:24 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN  — Dinas Per­tanian dan Kehutanan Kota Sawahlunto terus berkomitmen untuk meningkatkan populasi ternak sapi melalui peng­op­timalan Inseminasi Buatan (IB), bahkan saat ini pelayanan IB terus dimak­simalkan agara pengembangan ternak tersebut bisa me­menuhi angka kebutuhan daging sapi segar masyarakat kota Sawahlunto.

”Tahun 2016 kita menargetkan IB sebanyak 1.750 ekor sapi, sementara Pemeriksaaan Kebuntingan (PKB) 2.250 ekor sapi dengan harapan kelahiran se­banyak 1.250 ekor sapi,” kata Kepala Bidang Pertenakan dan Perikanan Diper­tahut Sawahlunto Heri Sutrisno kepada Haluan, Senin(1/2).

Dipertahut sebut Heri, menyediakan 7 pos IB diempat kecamatan yang ada dikota ini dengan jumlah petugas IB sebanyak 13 orang.Untuk IB maupun pemeriksaan kebuntingan tidak dipungut biaya alias gratis, karena petugas yang ada sekarang ini telah diberikan insentif oleh pemerintah kota.

Program IB ini jelasnya, rutin dilakukan setiap tahunnya, untiuk membantu para peternak sapi, pasalnya jika proses kawin yang dilakukan dengan cara menjodohkan hewan ternak cukup memakan waktu yang lama, selain itu juga butuh keahlian khusus untuk mengetahui masa birahi sapi yang cukup sulit itu.

“Hasil anakan pun terkadang tidak bagus, namun melalui metode inseminasi buatan peternak tidak lagi repot repot mencari pejantan,’’ katanya.

Ia menambahkan, target angka kela­hiran ternak sapi pada 2015 hanya terpenuhi sekitar 60 sampai 70 persen saja, hal itu dikarenakan musim kemarau yang cukup panjang termasuk kesulitan akan pakan ternak.Tercatat populasi sapi Di Sawahlunto hingga akhir Desember 2015 kemarin sebanyak 7.800 ekor, sementara kerbau sebanyak 1.804 ekor.

Dari data yang didapat, populasi ternak yang ada dikota ini sudah dapat mencukupi kebutuhan daging warganya, dimana untuk kebutuhan Di Sawahlunto sebanyak 120,67 kilogram perkapita pertahunnya, sementara untuk konsumsi sebanyak 37 gram perkapita perharinya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]