Kucurkan Kredit Lunak untuk UMKM

Pemko Gandeng BUMN


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:35:59 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah kota Sa­wah­lunto menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BU­MN) untuk akses permo­dalam dalam memberikan kredit kepada masyarakat pelaku usaha Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Me­nengah (UM­KM). Hal ter­sebut dikarena­kan dalam aturan Negara tidak diper­bolehkan mem­berikan kre­dit kepada rakyat melalui anggaran daerah.

“Karena itulah pemko Sawahlunto terus memutar otak mencari solusi, untuk menggandeng pihak BUMN untuk membantu pengusaha koperasi dan UMKM mela­lui kredit lunak, melalui dana Corporate Social Res­ponsibility (CSR) yang di­miliki oleh setiap BUMN tersebut,” kata Kepala Di­nas Pertambangan Perin­dustrian Perdagangan Ko­pe­rasi dan Tenaga Kerja (Prindagkopnaker) Sa­wah­lunto Deswanda kepada Haluan Jumat (29/1).

Ia mengatakan, bebe­rapa tahun lalu pemko Sa­wahlunto pernah meng­ang­gar­kan program dana ber­gulir atau sejenis kredit lunak bagi UMKM, yang bertujuan untuk membantu tumbuh kembangnya usaha rakyat melalui penguatan modal koperasi dan UM­KM, namun semenjak tiga tahun terakhir dengan ada­nya aturan yang melarang memberikan kredit melalui dana anggaran pemerintah, terpaksa program dana ber­gulir itu dihentikan, padahal masih banyak pelaku UM­KM yang membutuhkan suntikan dana untuk pe­ngembangan usahanya.

Menyiasati hal itu lanjut Deswanda, pihaknya ber­upaya mencari solusi de­ngan melakukan pende­katan kepa­da BUMN se­perti BRI dan PT Telkom, karena setiap BUMN ter­sebut pasti memiliki dana CSR yang diwajibkan oleh Negara.Bahkan lanjutnya, Walikota Sawahlunto siap menjaminkan dirinya ke­pada BUMN tersebut se­bagai salah satu syarat untuk men­dapat­kan dana kredit lunak, sebagai bentuk ke­seriusan pemko dalam men­dukung tumbuh kembang ekonomi masya­rakat, na­mun kepada pelakua usaha harus segera meleng­kapi semua persyaratan serta memiliki itikad berlaku jujur dalam mengembalikan pin­jaman modal yang dita­warkan tersebut.

“Bentuk keseriusan lain­nya, sejak Oktober 2015 lalu, walikota telah melim­pahkan wewenang penan­datanganan izin Usaha Mik­ro Kecil (IU­MK) kepada Camat setempat, yang ditu­jukan untuk mem­persingkat regulasi dan mem­permudah masyarakat dalam pengu­rusan perizinan usaha,” terang Deswanda.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sumatra Barat Des­madi Idrus baru baru ini di Sawahlunto, sangat me­ng­ap­resiasi langkah pemko, apalagi Sawahlunto meru­pakan daerah pertama di Sumbar yang melakukan pelimpahan wewenang peri­zinan itu ke­pada camat. Aturan pelim­pahan yang dikeluarkan pe­merintah pusat Februari 2015 lalu, hingga kini dari 19 kota dan kabupaten baru 5 daerah yang melakukan­nya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:53:25 WIB

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota HARIANHALUAN.COM - Baru pertama kali pimpinan daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman melakukan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman musala Balaikota Pariaman sesudah sala.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 14:42:15 WIB

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan HARIANHALUAN.COM - Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada ruas jalan Koto Marapak -Cubadak-Mentawai, Kota Pariaman selesai dikerjakan dan masyarakat sudah dapat menikmati penerangan tersebut. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 15:39:30 WIB

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP 

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP  HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan lahan dan akan membangun kampus jauh Universitas Negeri Padang (UNP) diarea Kandi. Sebelumnya Pemko telah meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNP..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:49:03 WIB

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi HARIANHALUAN.COM - Dua jabatan Camat dilingkungan Pemerintah Kota Sawahlunto kembali terisi setelah pejabat sebelumnya memasuki masa purna bakti. Adapun dua Camat tersebut, yakni Camat Kecamatan Barangin dijabat oleh Subandi .
  • Senin, 29 Juni 2020 - 15:39:41 WIB

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran HARIANHALUAN.COM - Sepuluh unit bus sekolah aset Pemko Pariaman sampai saat ini masih terparkir, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan daerah setempat. Siang berpanas, malam berembun, kondisi bus sekolah Pemko Pariaman y.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]