Gafatar BelumTerdeteksi di Sawahlunto


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:36:38 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol PBD) Kota Sawahlunto menghimbau masyarakat agar selalu mewaspadai masuknya paham radikal di lingkungannya masing masing.

Himbauan ini  disam­paikannya mengingat  ber­kembangnya isu nasional tentang banyaknya orang hilang, yang diduga ber­gabung dengan oragnisasi bernama Gerakan Fajar Nasional (Gafatar).

Kepala Bidang Ke­sa­tuan Bangsa Politik (Kebang Pol) Badang Kesbangpol dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (PBD) Sawah­lunto Meldi Hidayah Marta mengatakan, Pemerintah Kota Sawahlunto belum mendeteksi adanya orga­nisasi yang diduga menga­nut paham radikalisme Ga­fatar dikota ini.Sejauh ini Gafatar diketahui tidak pernah mendaftarkan diri dan beraktivitas di wilayah Sawahlunto.

Namun sejauh ini, pihak­nya terus melakukan pe­mantauan kemungkinan ke­ber­adaan organisasi sejenis yang dilarang oleh peme­rintah tersebut, termasuk Gafatar.

Ia menilai upaya pen­cegahan dini harus dila­kukan oleh seluruh jajaran melalui koordinasi dan ko­munikasi intensif baik pihak pemerintah kota, Polres serta tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), termasuk unsur tokoh adat dan ma­sya­ra­kat.Cegah dan tangkal se­dari dini merupakan lang­kah efektif dalam mem­persempit ruang gerak or­ganisasi yang nyata nyata dilarang tersebut.

“FKUB juga diharapkan harus rutin memantau per­ge­rakkan ormas terindikasi menyesatkan diwilayahnya. Kementrian Dalam Negri sudah menyatakan Gafatar sebagai organisasi masya­rakat (Ormas) terlarang, dan masyarakat Sawahlunto mesti mewaspadai hal itu,’’ ungkanpnya.

Kendati Gafatar tidak ditemukan dikota ini, pi­hak­nya terus berupaya me­num­­buhkan dan me­ning­­katkan kesadaran war­ga akan ba­haya yang di­timbulkan oleh kegiatan kegiatan yang ber­tentangan dengan nilai aga­ma dan aturan yang ada. Kepada masyarakat yang memiliki informasi terkait jaringan organisasi apapun yang dinilai mencurigakan, juga dihimbau untuk mela­por­kan segera kepihak ber­wenang. masyarakat juga harus tenang menyikapi hal tersebut. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Januari 2016 - 03:05:23 WIB

    Gafatar dan Ahmadiyah tak Terdeteksi di Pasaman

    PASAMAN, HALUAN— Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H. Abdel Haq menegaskan bahwa dua aliran sesat yang pernah berkembang di Provinsi Sumatera Barat, Ahmadiyah dan Gafatar, tidak terdeteksi keberadaannya di d.
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:30:18 WIB

    Dua Tahun Lalu, Gafatar Sudah Ada di Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN — Beberapa hari belakangan ini perhatian masyarakat Indonesia terfokus terhadap hangatnya isu terkait Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]