Talawi Mudik Giatkan Budidaya Lengkeng


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:37:31 WIB
Talawi Mudik Giatkan Budidaya Lengkeng Walikota Sawahlunto Ali Yusuf serahkan bibit lengkeng kepada Ketua TP PKK Desa Talawi Mudik, guna menggiatkan budidaya lengkeng di setiap Dusun.

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 50 batang lengkeng (Dimocarpus longan) diba­gikan disetiap dusun yang ada di Desa Talawi Mudik Keca­matan Talawi Kota Sawah­lunto, yang merupakan ben­tuk dukungan dalam meng­giat­kan budidaya lengkeng dis etiap dusun yang ada.

Kepala Desa Talawi Mu­dik Erison menyebutkan, jika selama ini masyarakat Talawi dikenal sebagai penghasil rambutan, karena di setiap rumah warga ada  batang rambutan, kita ingin menam­bah khasanah buah buahan yang ada di daerah Talawi khususnya Desa Talawi Mu­dik, sehingga kedepannya tidak saja populer dengan rambutan, Talawi juga akan dikenal sebagai penghasil nuah lengkeng.

“Harga jual lengkeng yang begitu tinggi dipasaran yakni mencapai Rp50 ribu per­kilog­ramnya, menjadi motivasi Desa Talawi Hilir untuk mem­budidayakan buah yang ber­nama latin *Dimocarpus lo­ngan* itu, sebagai primadona pendapatan ekonomi ma­syarakatnya kedepan. Selain harga jual yang tinggi, dipilih­nya lengkeng juga dikarena­kan buahan ini tidak menge­nal musim untuk berbuah,” kata Erison.

Erison menambahkan, pem­bagian 50bibit ini dira­sakan masih sangat terbatas, karena pihaknya masih me­lakukan uji coba dan sebagai pancingan kepada warga.Dari itu nantinya ia berharap ma­syarakat bisa menanam dan memberikan perawatan yang baik terhadap bibit lengkeng yang telah diberikan, sehingga bisa berbuah dan meng­hasil­kan tanaman seperti halnya produksi lengkeng didaerah lainnya.

Memang butuh proses dan lama untuk meyakinkan masyarakat bahwa lengkeng ini bisa berbuah meski ditnam dilahan yang kering, bahkan lengkeng ini juga bisa tumbuh dihalaman rumah.

“Bisa tumbuh tapi pros­ntase kegagalan untuk ber­buah pun cukup besar, namun hal itu akan kita siasati dengan berbagai ujicoba dan pem­binaan dari penyuluh per­kebunan terkait, sehingga tanaman itu akan berhasil nantinya,’’ terang Erison.

Ia berharap kedepannya orang akan juga mengenal Lengkeng Talawi, manisnya rasa buah lengkeng akan se­laras dengan manisnya hasil dari buah tersebut, dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakatnya.(h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Januari 2017 - 12:03:06 WIB

    Setelah Dibakar Kolonial Belanda Balai-Balai Adat Nagari Talawi Kembali Berdiri

    Setelah Dibakar Kolonial Belanda  Balai-Balai Adat Nagari Talawi Kembali Berdiri SAWAHLUNTO, HALUAN—Setelah puluhan tahun dirobohkan oleh kolonial Belanda, kini balai balai adat Nagari Talawi Sawahlunto kembali berdiri. Bangunan tersebut akan menjadi tempat bermusyawarah dalam melahirkan keputusan yang .
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:18:19 WIB

    Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016

    Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016 SAWAHLUNTO, HALUAN — Talawi tampil menjadi Kecamatan Layak Anak Kota Sawahlunto 2016. Pemenuhan hak-hak anak menjadi prioritas utama Kecamatan Talawi dalam mewujudkan amanah yang disandangnya..
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:29:13 WIB

    SHU Koppas Talawi 2015 Rp217 Juta

    SHU Koppas Talawi 2015 Rp217 Juta SAWAHLUNTO, HALUAN — Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Talawi Sawahlunto, terus berupaya membesarkan diri dengan mempererat tali silaturrahmi dengan anggota maupun nasabah. Upaya itu dilakukan dengan menggelar dharmawisata b.
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 03:23:10 WIB

    Talawi Hilir Juara Umum MTQ Kecamatan

    Talawi Hilir Juara Umum MTQ Kecamatan SAWAHLUNTO, HALUAN—Kafilah Desa Talawi Hilir kembali berjaya menjadi juara umum pada MTQ ke-45 tingkat Ke­camatan Talawi, Kota Sa­wahlunto. Desa Talawi Hilir berhasil sebagai pemuncak di atas Desa Tumupak Ta­ngah sebagai.
  • Selasa, 26 April 2016 - 02:45:00 WIB

    Pasar Talawi akan Direvitalisasi

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mengucurkan dana segar sebanyak Rp950 juta, untuk mere­vitalisasi bangunan Pasar Talawi Sawah­lunto, melalui program revitalisasi pasar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]