Pemerintah akan Lelang Geothermal Bukik Kili


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:39:32 WIB

AROSUKA, HALUAN — Pa­da tahun 2016 ini, pe­merintah pusat sedang me­laksanakan pelelangan wila­yah kerja Geothermal (pa­nas bumi) Gunung Talang–Bukit Kili. Pelelangan ini dimak­sudkan untuk men­dapatkan pengem­bangan panas bumi yang kompeten, profesional, berkualitas dan berdaya guna terhadap ke­majuan pe­man­faatan energi panas bumi untuk peman­faatan tidak langsung beru­pa energi listrik bagi kabu­paten Solok.

Hal ini terungkap saat sosialisasi pengembangan panas bumi wilayah kerja panas bumi daerah Gunung Talang Bukit Kili Kabupaten Solok di ruang pelangi Aro­suka, Kamis (28/1) lalu. Hadir dalam sosialisasi itu, Pj Bupati Solok Devi Kur­nia, SH.MM, Direktur Pa­nas bumi Indonesia yang diwakili oleh Budi Har­yanto, SE, Kadis Pertam­bangan Drs. Indra Merdi, MM, Para kepala SKPD, Camat dan wali Nagari di lingkungan potensi panas bumi Bukik Killi dan Gu­nung Talang.

Menurut direktur Panas Bumi  Budi Haryanto, SE, Panas bumi merupakan sa­lah satu produk aktivitas vulkanik yang dapat diman­faatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Potensi panas bumi di Indonesia meru­pakan salah satu yang ter­besar di dunia yaitu men­capai lebih dari 29 GW.  Sementara di Kabupaten Solok memiliki  potensi sumber daya panas bumi sebesar 193 Mwe yang ter­besar di beberapa titik po­tensi antara lain Surian (75 Mwe), Sumani (52 Mwe), dan Gunung Talang (66 Mwe).

“Pemerintah menar­get­kan rencana pengembangan di WKP Gunung Talang-Bukit Kili sebesar 20 Mwe atau setara dengan ke­mam­puan untuk menerangi se­kitar 15.000 rumah pen­duduk,” ungkapnya.

Terkait itu, Pj Bupati Solok Devi KurniaSH,MM menyebutkan, Sumber daya alam merupakan salah satu modal pembangunan nasi­onal dan harus diman­faa­t­kan sebesar-sebesarnya un­tuk kepentingan rakyat dan kepentingan pembangunan dengan memperhatikan ke­lestariannya.Panas bumi merupakan salah satu sum­ber daya alam yang sangat potensial untuk dikem­bang­kan guna memenuhi ke­butuhan energi.

“Kita harapkan Pim­pinan SKPD,Camat dan Walinagari yang berada di wilayah ini agar dapat mem­berikan informasi kepada masyarakat mengenai potensi panas bumi yang kita miliki ini,” pungkas Bupati. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]