Warga Lubuak Selasih Kembali Tangkap Beruang Madu


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:40:56 WIB
Warga Lubuak Selasih Kembali Tangkap Beruang Madu Warga jorong Lubuk Selasih Nagari Batang Barus kec. Gunung talang kembali berhasil menangkap seekor beruang madu yang telah lama meresahkan masyarakat, pada Jum’at (29/1) lalu. (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN—War­ga Jorong Lubukselasih, Nagari Batangbarus, Ke­camatan Gunung Talang kembali berhasil menang­kap seekor beruang madu  yang sudah lebih satu bulan belakangan meresahkan masyarakat. Beruang kedua ini diketahui warga telah masuk perangkap  pada Jum’at (29/1).

Berkeliarannya beruang madu ini sejak  sebulan terakhir di daerah itu telah menimbulkan keresahan masyarakat  setempat. hal ini lantaran satwa liar jenis beruang madu yang kerap memangsa ternak masya­rakat itu sudah biasa ber­keliaran dalam kampung pada malam hari. Apalagi, beruang ini tak segan me­nam­pakkan diri di tengah perkampungan. Bahkan, binatang jenis binatang buas dilindungi ini masuk ke dapur penduduk yang ber­mukim di tepi hutan.

“Sudah banyak ternak peliaraan masyarakat hi­lang. Diduga dimakan Beru­ang ini,” ujar Wali Nagari Batangbarus, Syamsul Az­war, kemarin.

Mensiasati hal itu sejum­lah pengurus organisasi pemuda jorong Lubuk­sela­sih, Zaijun Efendi bersama kawan kawannya memutus­kan melakukan perburuan kawanan beruang yang di­per­kirakan lebih dari lima ekor itu. Upaya itu kembali membuahkan hasil beruang kembali masuk perangkap setelah sekitar tiga pekan lalu, satu ekor diantaranya juga berhasil ditangkap sete­lah terjebak masuk perang­kap yang dipasang bersama petugas BKSDA Sumbar. “Kita langsung menyera­hakannya ke petugas BKS­DA untuk dievakuasi,” kata Syamsul Azwar.

Meski dua ekor beruang berhasil ditangkap warga setempat, namun ke­gelisa­han warga belum berkurang. Karena warga masih meng­ang­gap masih ada kawanan beruang lain yang kerap menganggu kenyamanan kampung pada malam hari. Lantaran itu, pemuda se­tempat tetap memasang perangkap agar satwa liar itu bisa dikerangkeng.

“Perangkap tetap kita pasang, dan kita terus was­pada dan berjaga-jaga,” timpal pengurus organisasi pemuda jorong Lubuk Se­lasih, Zaijun Efendi.

Wali Nagari Syamsul Azwar menyebutkan, usai mendapati beruang madu berjenis kelamin jantan ini masuk perangkap, pihaknya langsung memberi informasi pada BKSDA Sumbar. “Be­ruang madu itu sudah lang­sung dibawa pihak BKSDA tadi pagi. Katanya langsung dibawa ke Bukittinggi,” beber Wali Nagari yang juga ketua APDESI Sumbar ini. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]