Kemenag Kab.50 Kota Studi Banding ke Kab. Solok


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:41:52 WIB
Kemenag Kab.50 Kota Studi Banding ke Kab. Solok KEPALA kantor Kemenag kab. Solok Drs. H. Kardinal,MM bertukar cendera mata dengan kepala Kantor kemenag Ka. 50 Kota saat kunjungan dan study banding ke Kab. Solok Rabu, (27/8) lalu. (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN—Di­tun­juk sebagai pilot project implementasi Zi-WBK di ling­kungan Kementerian Agama membuat Kantor Kemen­terian Agama Kabupaten So­lok menjadi salah satu refe­rensi bagi kantor Kabupaten /Kota dalam menerapkan ZI-WBK ini. Seperti yang terlihat pada, Rabu (27/1) lalu, jajaran Kementerian Agama Ka­bupa­ten 50 Kota yang dipimpin oleh Kakankemenag H. Gus­man Piliang berkunjung untuk melihat dari dekat proses ZI-WBK di Kabupaten Solok.

Dengan didampingi Kasu­bag TU, Kepala Seksi, perwa­kilan Kepala Madrasah, per­wakilan Kepala KUA, Jabatan Fungsional Umum (JFU) ma­sing-masing seksi dengan jum­lah seluruhnya 24 orang, jaja­ran Kementerian Agama 50 Kota diterima di Aula Hubbul Wathan melalui seremonial singkat dan sederhana.

Terkait kunjungan itu, Gusman Piliang mengatakan setelah mendengar dan me­lihat pelaksanaan ZI-WBK di Kabupaten Solok, pihaknya memutuskan untuk melaku­kan studi banding ke Kab. Solok untuk berbagi ilmu dan pengalaman dari Tim Pelak­sana ZI-WBK  yang ada di daerah penghasil beras itu. Pihaknya berharap, apa yang telah diterapkan di Kabupaten Solok juga bisa diterapkan di Kabupaten 50 kota nantinya. “ Kami minta anggota rombo­ngan  yang ikut untuk tidak segan bertanya kepada Tim Pelaksana ZI WBK Kemenag Kabupaten Solok tentang semua hal yang berkaitan dengan ZI WBK ini,” kata Gusman.

Sementara itu, Kakanke­menag Kabupaten Solok Drs. H. Kardinal. N, MM menga­takan ZI WBK di Kabupaten Solok telah di­mulai jauh se­belum SK pe­nunjukan sebagai pilot project diterima. Yakni semenjak Menpan RB m­e­nerbitkan tentang birokrasi Zona In­tegritas bebas Ko­rupsi. Se­bagai tindak lanjut­nya berba­gai pesan disebar dalam ben­tuk poster, stiker, spanduk hingga baliho dengan harapan jajaran Kementerian Agama Kabupaten Solok me­ma­hami dan mengamalkan­nya.

Kardinal mengatakan sela­in dari upaya pengenalan, pemahaman dan mewujudkan ZI-WBK jajaran Kementerian Agama menyusun visi misi berbasis ZI-WBK ini yang disertai degan prestasi diber­bagai bidang. Salah satu yang menonjol adalah prestasi dari madrasah.

Kunjungi Madrasah Adiwiyata MAN Koto Baru

Kunjungan kerja Kepala Kantor Kemenag Kab.50 Ko­ta ­ke Kemenag Kab. Solok, juga menyempatkan melihat secara dekat suasana “Mad­rasah Adiwiyata” MAN Koto Baru Solok.Rombongan yang juga didampingi oleh kakan Kemenag kab. Solok Drs. H. Kardinal MM itu serta merta dibuat takjub oleh suasana kampus madrasah MAN Koto Baru yang terlihat indah, bersih dan asri itu.

“ Luar biasa MAN Koto Baru Solok bersih, indah dan tertata dengan baik, serta pengelolaan sampah menjadi kompos yang inovatif dan yang saya salut lokal dan beranda serta taman di setiap kelas bersih, tong sampah telungkup ketika siswa tidak lagi ada di sekolah,”  ujarnya.

Pihaknya bahkan akan menjadikan apa yang dilak­sanakan di madrasah itu seba­gai referensi untuk juga dite­rapkan di madrasah-madrasah yang ada di Kab. 50 Kota.  ”Nanti akan saya sampaikan ke kepala-kepala Madrasah di Kab.50 Kota, kalau ingin belajar tentang konsep adi­wiyata, tidak usah jauh-jauh ke luar propinsi, datang saja ke MAN Koto Baru Solok ini,” imbuhnya.

Di sela itu, KaKemenag Kab. Solok Drs. H.Kardinal N mengatakan saat ini, MAN Koto Baru Solok sedang mem­persiapkan diri menuju pe­nilaian Adiwiyata Nasional yang akan dinilai pada bulan Mei 2016 nanti. Senada de­ngan itu, Kepala MAN Koto Baru Solok Drs.H. Syamsul Bahri menyebutkan bahwa seluruh stekholder di MAN Koto Baru Solok telah berse­pakat untuk meraih Predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2016 ini. “kita telah membentuk tim pemenangan Adiwiyata Nasional.  Semoga harapan kami ini tercapai sehingga MAN Koto Baru Solok dapat mengharumkan nama Suma­tera Barat di kan­cah nasional,” pung­kasnya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]