Kebutuhan Bawang Merah Tinggi

Pemda Pessel Akan Budidayakan Bawang Merah


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:44:26 WIB

PAINAN, HALUAN — Kebutuhan bawang merah di Pesisir Selatan (Pessel) mencapai 5 ton dalam sepekan. Hingga kini, kebutuhan bawang tersebut sebagian besar masih dipasok dari luar Pessel.

Besarnya kebutuhan pasar terhadap bawang merah, Pe­me­rintah Daerah Pessel me­nar­getkan budidaya bawang merah dataran rendah sekitar 60 hektare (ha) pada tahun ini. Budidaya bawang merah yang bakal didanai dengan APBN 2016 tersebut dikelola oleh kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Horti­kultura Pessel, Afrizon Nazar mengatakan, areal lahan ba­wang di Pessel mencapai 70 ha. Berpedoman pada tahun 2015, satu ha lahan bawang mampu memproduksi 14 ton bawang.

“Tahun lalu, sebaran pena­naman bawang merah ada di 29 kelompok tani yang dida­nai dengan dana APBN. 34 ha APBN untuk 6 kelompok dan 30 ha APBN-P untuk 23 kelompok. Kemudian 1 ha penangkaran dari UPTD BBI dan 2 ha dari Balita,” ujarnya kepada Haluan di Painan, Senin (1/2).

Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Pessel, Widyadari menyebutkan, prospek pasar bawang di Pessel sangat men­janjikan.

Kebutuhan bawang setiap pasar di daerah itu sekitar lima ton setiap pekan, se­mentara Pessel memiliki ham­pir 50 unit pasar. Pada­hal, kebutuhan cabai sekitar 91 ribu ton setahun.

“Pasar sangat terbuka lebar bila produksi men­cukupi harga bawang dan cabai merah di pasaran relatif stabil. Oleh karena itu, kami mendorong petani untuk mem­­budidayakan tanaman tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, Pessel masih punya lahan yang potensial untuk bawang di dataran ting­gi, seperti di Kecamatan Ba­yang Utara.

“Di sini usaha membudi­dayakan bawang sudah ber­langsung sejak lama. Bayang Utara salah satu keca­matan pemasok sayur-mayur di Pessel,” sebutnya. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]