Hari Ini Dilantik

LBH APIK Laporkan Masinton Ke MKD


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:54:28 WIB

JAKARTA, HALUAN — Lem­baga Bantuan Hukum Aso­siasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) berencana mengadukan po­litisi Partai Demokrasi In­donesia Perjuangan (PDI-P), Masinton Pasaribu ke Mah­kamah Kehor­matan Dewan (MKD).

Pelaporan tersebut dila­tari kasus dugaan penga­niayaan Masinton terhadap asisten pribainya, Dita Aditia Ismawati.

“Tadi Dita datang untuk meminta perlindungan hu­kum. Dia sudah memaparkan kronologi pemukulan yang dia alami dan mengatakan keinginannya untuk menga­dukan Masinton ke MKD,” ujar Direktur LBH APIK Ratna Batara Murti di Ja­karta, Senin (1/2).

Saat ini, LBH APIK se­dang membuat kronologi kejadian yang akan meleng­kapi berkas pengaduan kor­ban. Setelah itu, mereka akan segera mengirimkan berkas tersebut ke MKD.

“Kami akan mengirim secepatnya, setelah semuanya beres. Kemungkinan besok (Selasa 2 Februari 2016) kami akan melaporkannya ke MKD,” ujarnya.

Ratna pun meminta untuk tidak mengaitkan kasus ini dengan kondisi politik yang sedang berlangsung saat ini.

“Hari ini ada kesan fra­ming politik, padahal kasus ini adalah murni penga­nia­yaan. Ada upaya mengkon­trol oleh pelaku dalam relasi kerja. Bukan kali ini saja kami menangani kekerasan oleh anggota DPR kepada asisten pribadinya. Dita berhak atas akses terhadap keadilan,” ungkap Ratna.

Terkait sanggahan Masin­ton, Ratna mengungkapkan bahwa menurut pengakuan Dita, saat itu dia hanya berdua saja dengan pelaku.

“Jadi tidak benar itu sang­gahan yang bilang bahwa ada tenaga ahli Masinton yang ikut dalam mobil itu,” ungkap Ratna.

Sebelumnya, Dita Aditia yang diduga dipukul oleh Masinton Pasaribu, anggota Komisi III DPR RI, men­datangi Lembaga Bantuan Hukum APIK (Asosiasi Pe­rempuan Indonesia untuk Keadilan), Senin (1/2) untuk meminta perlindungan hu­kum.

Dengan didampingi Sek­retaris DPW DKI Jakarta Partai Nasdem Wibi And­rino, Dita juga memaparkan kronologi peristiwa pe­mu­kulan yang telah dialaminya. (h/kcm)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 16:20:50 WIB

    29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter Menurut YLBHI

    29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter Menurut YLBHI HARIANHALUAN.COM - Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia mencatat sedikitnya ada 29 kebijakan pemerintah sejak 2015 yang dipimpin presiden Joko Widodo alias Jokowi yang dinilai mencerminkan tanda-tanda otoritarianisme pemer.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 19:25:03 WIB

    Soal BPJS Naik, LBH: Presiden Membangkang terhadap Hukum

    Soal BPJS Naik, LBH: Presiden Membangkang terhadap Hukum HarianHaluan.com - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali menaikkan iuran BPJS Kesehatan adalah bentuk pembangkangan terhadap hukum dan bermain-main dengan putusan Mahka.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 09:30:52 WIB

    Kekang Mahasiswa Demonstrasi, YLBHI: Ada Aroma Orba Sekarang !

    Kekang Mahasiswa Demonstrasi, YLBHI: Ada Aroma Orba Sekarang ! JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)  memantau saat gelombang aksi #ReformasiDikorupsi yang masif dilakukan oleh mahasiswa di Indonesia, ada pengekangan mahasiswa. Modusnya beragam mulai .
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 11:37:38 WIB

    YLBHI Sebut Ada Tiga Kesalahan Presiden Jokowi

    YLBHI Sebut Ada Tiga Kesalahan Presiden Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Bidang Yayasan Lembaga Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur memaparkan 3 kesalahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam aspek penegakan hukum dan HAM di masa pemerintahan periode pert.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 09:40:57 WIB

    YLBHI: Pengangkatan Wiranto Sebagai Kesalahan Jokowi

    YLBHI: Pengangkatan Wiranto Sebagai Kesalahan Jokowi JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pengangkatan Wiranto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, dinilai Yayasan Lembaga Hukum Indonesia (YLBHI) sebagai kesalahan Presiden Jokowi dalam aspek penegakan hukum d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]