Lima Peluang Investasi dari Hongaria

Indonesia Diapresiasi Soal Teroris


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:56:43 WIB

JAKARTA, HALUAN — Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban mengapresiasi pemerintah Indonesia terkait penanganan terorisme yang terjadi pada 14 Januari 2015.

“Adanya serangan te­roris di Jakarta bisa dita­ngani pemerintah Indonesia hanya dalam waktu 3 hingga 4 jam saja. Ini rekor dunia,” kata PM Viktor di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (1/2).

Viktor menilai pena­nganan teroris yang cepat tersebut membuktikan bah­wa Indonesia merupakan negara yang stabil dalam segi keamanan. “Ini dibuk­tikan Indonesia. Hongaria saat ini sedang mencari kroni negara stabil,” ucap­nya.

Ia mengatakan persa­habatan merupakan lan­dasan utama dari hubungan bilateral antara Hongaria dengan Indonesia.”Dari perspektif Hongaria, In­donesia sebagai anggota G20 dan negara besar me­nurut kami Indonesia bu­kanlah sebuah negara me­lainkan sebuah benua,” ujar­nya.

Lima Peluang Investasi

Pada pertemuan di istana negara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mem­buka lima peluang investasi bagi pelaku usaha Hongaria yakni di bidang pengelolaan air, energi terbarukan, Tek­nologi Informasi (TI), eko­nomi digital, serta di bidang pertanian.

Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban di Istana Merdeka Jakarta, Senin, mengatakan dalam pertemuan bilateral dibahas beberapa hal yang segera dikerjasamakan.

“Ada beberapa hal diba­has dan akan segera dikerja­samakan yang pertama di bidang pengelolaan air,” katanya.

Ia menambahkan kerja sama yang sudah dirintis di antaranya proyek penge­lolaan air di beberapa tem­pat di Indonesia. Selain itu, kerja sama di bidang energi terbarukan.

“Indonesia me­nyambut baik investasi oleh peru­sahaan Hongaria di Ta­panuli Tengah,” katanya.

Indonesia juga mem­buka peluang kerja sama dengan Hongaria di bidang teknologi informasi dan ekonomi digital termasuk sistem TI dan kerja sama di bidang pertanian.

“Fokus ini yang akan kita segera kerjakan dan kita berharap dari pertemuan ini nantinya kerja sama antara kedua negara akan lebih baik,” kata Presiden Jo­kowi.

Mantan Gubernur DKI itu menyampaikan kun­ju­ngan PM Orban meru­pakan kehormatan bagi Indonesia karena kunjungan itu adalah kunjungan tunggal PM Ho­ngaria ke luar negeri.

Kunjungan PM Orban juga diikuti oleh hampir seluruh anggota kabinet disertai 50 pengusaha asal negara itu.

“Hal ini me­nunjukkan komitmen Ho­ngaria untuk memperkokoh hubungan Indonesia dan Hongaria,” katanya. (h/inl/kcm)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]