Dovizioso Bidik Titel Juara 2016


Selasa, 02 Februari 2016 - 02:59:40 WIB

Kuala Lumpur, Haluan — Andrea Dovizioso percaya Ducati akan me­ning­katkan kemampuan motornya di musim ini. Pebalap Italia itu pun me­nargetkan untuk bisa bersaing dalam perebutan titel juara.

Ducati menjalani awal musim yang menjanjikan di 2015. Dovizioso berhasil merangsek ke jajaran terdepan dengan finis podium [tiga kali runner-up] dalam empat dari lima seri pertama sedangkan rekan setimnya, Andrea Iannone, sekali merebut tempat ketiga dan sempat finis kedua di Mugello, Italia.

Sayangnya, hal itu tidak berlangsung sampai akhir musim. Dovizioso selanjutnya hanya sekali finis ketiga di Silverstone dan dua kali menduduki lima besar namun harus empat kali retired sementara Iannone sekali finis ketiga di Phillip Island dan tiga kali retired.

Pada klasemen akhir, Dovizioso harus puas bertengger di peringkat ketujuh dengan 162 poin, terpaut 19 poin dari Bradley Smith [Tech 3] dan 26 poin dari Iannone. Meski begitu, Dovizioso percaya motornya kini sudah lebih baik.

“Tahun lalu kami sudah banyak pe­ningkatan, maksudku motornya di awal musim bisa bertarung untuk memenangi balapan, untuk bersaing merebut gelar. Tapi, untuk benar-benar berjuang sampai akhir musim sangat sulit karena kom­petitor-kompetitor begitu tangguh.

Honda dan Yamaha juga punya pe­balap-pebalap yang sangat bagus jadi sangat sulit,” kata Do­vizioso, Minggu (31/1).

“Tapi motor kami cukup bagus, se­karang kami punya basisnya. Itu sangat penting karena sebelumnya kami tidak punya makanya kami tidak terlalu cepat.

 Kami membutuhkan stabilitas, kami punya banyak tenaga, kecepatan, tapi motornya tidak mudah untuk terus mem­berikan 100 persen di semua balapan. Jadi kami harus fokus kepada hal itu. Tapi, tahun ini akan sedikit berbeda, ada perubahan aturan, ban yang beda, dan menyesuaikan motor dengan ban,” tambahnya.

“Kami harus bertarung untuk gelar juara. Aku tahu itu sulit tapi ini adalah tahun keempatku di Ducati, — rencananya pada tahun lalu dengan motor baru adalah bertarung untuk podium, untuk ke­men­angan dan tahun ini — sekarang kami ingin bertarung untuk titel juara dunia. Memang tidak akan mudah tapi aku percaya kami bisa,” tutup Dovizioso.

Dovizioso terjun ke balap motor kelas primer sejak 2008. Pencapaian terbaiknya ialah finis di peringkat ketiga pada 2011 saat membela Honda Repsol. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]