Dilatih Pelatih Jepang, Atlet Judo Sumbar Potensial


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:02:29 WIB
Dilatih Pelatih Jepang, Atlet Judo Sumbar Potensial ATLET judo Sumbar saat mengikuti latihan dengan pelatih judo Jepang di tempat latihan diepan kantor Prasjaltarkim Sumbar. (SANI)

PADANG, HALUAN — Tim judo Sumatera Barat yang akan turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung Jawa Barat, men­dapat ilmu dari dua pelatih Jepang yaitu  Tatsuno Ma­sakazu dan Sengoku Tsun­eo. Pelatih asal Jepang tersebut mengatakan kalau atlet judo Sumatera Barat bagus dan memiliki potensi untuk ber­bicara banyak pada PON.

“Rata-rata atlet judo Sumatera Barat ini bagus. Namun masih ada beberapa teknik mereka yang masih kurang. Dan sudah kami perbaiki tadi,”ujar pelatih judo asal Jepang  Sengoku Tsuneo, kemarin usai meng­gelar latihan.

Lebih jauh Tsuneo me­ngatakan kalau atlet Sumbar ini jika mendapat lawan tanding yang bagus tentunya akan menambah ku­a­litas­nya. “Dalam judo tersebut yang terpenting adalah uji coba, dengan adanya uji coba tentunya akan me­nambah pengalaman ber­tanding atlet . Selain itu juga power dari si atlet juga penting,”ungkapnya.

Tsuneo mere­komen­da­sikan untuk latih tanding ke Kodokan, Tokyo Jepang. “Disana banyak atlet judo yang bagus. Dengan banyak lawan yang bagus tentunya akan mengasah kemampuan atlet. Kodokan tersebut merupakan salah satu dae­rah terbaik untuk ju­do,” paparnya.

Salah satu teknik atlet judo Sumbar yang masih kurang adalah bantingan gen­­­dong. “Bantingan ter­sebut memiliki nilai tinggi, na­mun masih kurang di­kuasai oleh atlet Sum­bar,” paparnya lagi.

Sementara itu pelatih judo sekaligus Sekum PJSI Sumbar Hendri Gusman Darma mengatakan dengan adanya latihan yang di­berikan oleh pelatih dari Jepang ini tentunya akan sangat berguna bagi atlet judo Sumbar.

“Tentunya akan banyak ilmu dan teknik yang di­da­patkan oleh atlet. Untuk itu kami akan memanfaatkan lati­han dengan pelatih Je­pang ini dengan sebaik mung­­kin,”ujarnya Hendri usai latihan kemarin.

Pelatih Jepang tersebut berada di Padang selama satu minggu. “Jika memang nanti kami akan melakukan uji coba ke Jepang kami akan memanfaatkan dua pelatih Jepang ini. Sebab mereka bisa membantu sela­ma di Jepang, jika tidak ada rekomendasi dari mereka, maka biaya latihan disana akan mahal. Namun jika mendapatkan rekomendasi tentunya akan lebih mu­rah,”ungkapnya.

Atlet judo Sumbar yang mengantongi tiket PON adalah Yolanda Putri kelas 52 Kg, Sakinah (-57 Kg), Rido Ikhlas (55 Kg), Elfi Fernando (60 Kg), Baitul Fajri (66 Kg), Feldi Rizaldo (-73 Kg) dab Machio Verdo (-81Kg). (h/san)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]