Cingkariang Nagari Wisata Agro


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:04:22 WIB

AGAM, HALUAN — Hendak berwisata  sambil memetik buah-buahan segar,  tak  harus jauh-jauh ke Jawa  sana.  Kini wilayah Nagari Cingkariang kecamatan Banuhampu dan  sekitar lereng gunung Singgalang, dijadikan sebagai objek wisata Agro.  Untuk itu segera dibangun jalan ke lokasinya sepanjang 5,2 Km dengan dana Rp650 juta.

Menurut tokoh mas­yarakat setempat Nazarudin Sutan Batuah kepada haluan, Ming­gu,  kawasan lereang gunung Singgalang itu saat ini merupa­kan areal perkebunan sayur dan hortikultura mas­yarakat.

”Namun juga sangat ber­potensi sebagai objek wisata keluarga karena udaranya yang bersih dan sejuk dengan pemandangan alam yang in­dah ke seantero kota Bukit­tinggi dan dataran tinggi Agam sekitarnya.

Lagi pula gunung Singga­lang tidak membahayakan karena tidak aktif seperti gunung Marapi, pengunjung yang berwisata ke daerah ini dapat membeli oleh-oleh hasil pertanian masyarakat berupa sayur dan buah asli dan segar”kata Nazarudin yang akrab dipanggil dengan Inyiak Palo Lamo.

Dengan dijadikannya  Cing­­­kariang dan lereang gu­nung Singgalang sebagai areal objek wisata diharapkan da­pat menambah pendapatan dan membuka kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, na­mun untuk mengembang­kanya perlu dukungan dari para investor.

Sementara itu Kepala Di­nas Kehutanan dan Perke­bunan (Dishutbun) Kabu­paten Agam Yulnasri juga mengatakan, pihaknya telah memberitahu Camat, Wali nagari serta tokoh masyarakat Nagari Cingkariang bahwa bakal ada pembuatan jalan di daerah lereng Gunung Sing­galang.

“Pembangunan jalan ini sangat strategis untuk pemba­ngan pariwisata dan perke­bunan rakyat, areal yang digu­nakan untuk pembangunan jalan tidak termasuk hutan lindung” kata Yulnasri ke­marin. (h/ks)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]