DPRD Bukittinggi Tetapkan Pasangan Walikota Terpilih


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:06:56 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Anggota DPRD Bukittinggi akhirnya menetapkan pasangan Ramlan Nurmatias - Irwandi (RI) sebagai walikota dan wakil walikota terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bukittingi Desember 2015 kemarin.

Penetapan pasangan wali­kota dan wakil walikota ter­pilih ini dilakukan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Bukittingi, dalam rangka pengumuman hasil penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota terpilih periode 2015-2020, di ruangan rapat utama kantor DPRD Kota Bukittinggi, Senin (1/2).

Kegiatan penetapan ditan­dai dengan penandatanganan berita acara pengumuman penetapan pasangan walikota dan wakil walikota terpilih Kota Bukittinggi masa jabatan 2015-2020, oleh Ketua DP­RD, Beni Yusrial dan Wakil Ketua DPRD, Bukittinggi Trismon dan Yontrimasnyah, dan disaksikan Pj Walikota, Abdul Gafar serta jajaran Muspida Kota Bukittinggi.

Ketua DPRD Kota Bukit­tinggi, Beni Yusrial menga­takan, sidang paripurna isti­mewa yang digelar ini didasari dengan amanah UU No 8 tahun 2015 tentang peru­bahan UU No 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

Serta Surat Edaran (SE) Mendagri No. 100/140/SJ tanggal 19 Januari 2016 ten­tang pengesahan pengang­katan dan pemberhentian gubernur, bupati dan wali­kota, yang menegaskan DP­RD untuk mengumumkan dalam rapat paripurna istime­wa penetapan pasangan calon walikota terpilih oleh KPU sebelum disampaikan kepada Mendagri lewat Gubernur.

“Sebelum turunnya SE Mendagri tersebut, DPRD Bukittinggi sudah lebih dulu mengajukan penetapan KPU Bukittinggi ke Mendagri me­la­lui gubernur Sumbar tanggal 5 Januari 2016 lalu. Dan seha­rusnya saat ini kita menunggu pelantikan walikota terpilih karena semua administrasi penetapan sudah selesai. Na­mun berhubung karena ada SE Mendagri tersebut maka kita diamanahkan untuk me­nye­lengarakan rapat pari­pur­na istimewa untuk mengu­mum­kannya,” sebut Beni.

Dalam paripurna tersebut, Beni Yusrial juga menyam­paikan ucapan terima kasih kepada KPU dan pihak ke­ama­nan baik Polri maupun TNI yang telah terlibat ikut mensukseskan peyeleng­gara­kan Pilkada serentak dan menjaga keamanan di Kota Bukittinggi. Dirinya juga me­nyam­paikan ucapan selamat kepada pasangan Ramlan dan Irwandi yang terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota periode 2015-2020.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD kami me­nyam­paikan terima kasih ke­pa­da KPU sebagai penyeleng­gara pilkada dan pihak ke­ama­nan baik Polri maupun TNI yang telah membantu keamanan pelaksanaan pilka­da. Kepada pasangan Ramlan Nurmatias dan Irwandi kami ucapkan selamat,” ungkap Beni Yusrial.

Dengan telah ditetap­kan­nya walikota terpilih melalui Rapat Istimewa DPRD, Beni berharap agar pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih segera dilakukan, mengingat banyaknya pro­gram kegiatan pembangunan yang strategis yang perlu me­nung­gu Walikota defenitif. “Kita mengharapkan Men­dagri secepatnya menjad­walkan pelantikan walikota dan wakil walikota Bukit­tinggi. Karena banyak kebija­kan strategis menunggu wali­kota defenitif,” harap Beni Yusrial.

Rapat paripurna istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Beni Yusrial dan di­dam­pingi Wakil Ketua Tris­mon dan Yontrimansyah, di­ha­diri langsung oleh Pj Wali­kota Bukittinggi dan Muspida. Selain itu juga turut hadir pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Ramlan Nurmatias dan Irwandi, ninik mamak, bundo kanduang, para asisten, Kepala SKPD, camat dan lurah di lingkungan Pemko Bukittinggi. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]