Jembatan Gantung Limau Gadang Berbahaya


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:08:35 WIB
Jembatan Gantung Limau Gadang Berbahaya Inilah Jembatan gantung Nagari Limau Gadang Kecamatan IV Jurai Pessel. Lantai jembatan banyak yang patah dan berlobang menunggu korban, Minggu. (M JONI)

PAINAN,HALUAN — Jem­batan gantung Nagari Limau Gadang Kecamatan IV Ju­rai Pessel kondisinya sangat berbahaya.  Dicernati ha­luan, Minggu,    lantai jem­ba­tan banyak yang patah dan berlobang.  Bila tidak segera diatasi kemungkinan  jem­batan tersebut bisa minta korban jiwa  jatuh ke dalam sungai Limau Gadang yang dipenuhi batu besar.  Air sungai yang deras me­ngan­cam keselamatan lalulintas.

Anto 37 warga setempat mengakui, akibat lantai   jembatan sebagain sudah lapuk  dimakan usi8a ter­paksa dilakukan tambal sulam oleh masyarakat, bila hal ini tidak dilakukan akan mememiliki resiko yang cukup tinggi terhadap kese­lamatan masyarakat yang mengunakan jembatan.

Nagar Limau Gadang kecamatan IV Jurai dibelah ole sungai besar dengan lebar sekitar 40 meter, su­ngai ini sering terjadi air bah yang datang dari hulu su­ngai, maka sudah seharus­nya lantai  dan kerangka penahan lantai jembatan  diperbaiki agar ketika ter­jadi banjir  kiriman dan air bah  tidak meminta korban.

Wali nagari Limau Ga­dang Nasrul Dt Rajo Ba­gindo mengakui, jembatan ini satu satunya sarana  yang menghubungkan masya­rakat nagari antar dusun, apalagi jembatan yang padat lalulintas   terutama anak didik tingkat SD  dan Kan­tor Walinagari sebagai tem­pat pelayanan publik berada diseberang sungai kebera­daanya sangat dibutuhkan

Masyarakat berharap kepada pemerintah untuk dapat melakukan reha­bi­lilitasi jembatan yang kritis tersebut menjadi jembatan yang memadai, bila jem­batan ruak  sebagian masya­rakat takut untuk menye­brang, kondsi ini me­nga­nggu kelancaran lalulintas serta dapat  membuat pere­konomian masyarakat se­ma­kin terpuruk, pasalnya jembatan dan jalan meru­pakan urat nadi perekono­mian masyarakat, ulasnya.

Camat IV Jurai Ali Nas­ril mengakui jembatan ter­sebut perlu  perbaikan, seti­daknya dapat menekan ang­ka kecelakan dan kerugian yang tidak di harapkan, kerusakan jebatan ini sudah diusulkan kepada peme­rinah untuk perbaikannya, diharapkan pada tahun 2016 ini akan menjadi program prioritas bagi Pemda Pessel  melakukan  rehabilitasi jembatan yang berada dipu­sat nagari tersebut. (h/mjn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]