Elmi Yasna Terpilih untuk Ketiga Kalinya

Mercubaktijaya Siap Hadirkan Prodi Langka di Sumbar


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:10:09 WIB

PADANG, HALUAN — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mercubaktijaya Padang segera menambah program studi (Prodi) baru yaitu terapi bicara. Prodi ini masih tergolong langka di Indonesia, karena kini baru ada tiga daerah yang memilikinya yaitu, Solo, Jakarta, dan Bandung.

Ketua STIKes Mer­cu­baktijaya Hj Elmi Yasna K SKM MM mengatakan, pi­hak­nya memang ingin me­ngem­bangkan Prodi ini dan sudah mempersiapkan be­berapa hal yang menjadi persyaratan serta kesiapan prodi baru ini. Ia juga me­nga­takan, saat ini baru ada tiga daerah yang sudah me­m­punyai prodi terapi bicara ini diantaranya Solo, Ja­karta, dan Bandung.

“Kalau memang niat kami tersampaikan, berarti Padang  menjadi daerah ke empat yang mempunyai prodi langka ini. Mudah-mudahan kami dapat izin­nya, dan mendapatkan re­ko­mendasi dari kopertis. Ka­lau izinnya dapat kita akan mengajukan sesegera mung­kin dan tentunya harus se­gera direalialisasikan,” jelas­nya usai jumpa pers ber­sama wartawan, terkait ter­pilih kembalinya ia untuk memimpin STIKes Mer­cu­baktijaya untuk ketiga kali­nya, Senin (1/2).

Ia juga mengatakan, latar belakang kehadiran prodi yang baru pertama kali di­per­kenalkan di Sumbar ini, karena banyaknya ke­bu­tuhan tenaga kerja di bidang ini, sementara SDM tidak mencukupi. Dari 34 klinik yang membutuhkan tenaga terapi bicara, Padang hanya mampu menyediakan 13 lulusan.

“Sekarang kan kita pun­ya empat prodi, diantaranya D3 keperawatan, D3 ke­bi­danan, S1 keperawatan, dan profesi ners. Sebenarnya, awal itu kami ingin me­nambah prodi S1 kebidanan dan sudah mengajukan be­berapa kali tapi karena ada beberapa hal makanya hing­ga sekarang masih belum tercapai. De­ngan itu, akhir­nya kami buka saja prodi terapi bicara, dan lapangan kerjanya juga ban­yak,” ulasnya.

Ketua Yayasan Jas­ma­ri­z­al SKp Mars me­nga­tak­an, hari ini, Selasa (2/2) di­la­kukan pelantikan Ketua STIKes Mercubaktijaya Hj Elmi Yasna. Elmi Yasna sudah menjadi Ketua STI­Kes sejak tahun 2012 dan Januari 2016  ini habis masa kepengurusannya.

Ia juga mengatakan, pe­mi­lihan ketua ditentukan dan diangkat oleh yayasan namun tetap dengan me­minta tanggapan dari senat serta berkonsultasi dengan pembina dan pengawas da­lam pemilihan ketua STI­Kes. Terpilihnya kembali Elmi Yasna berdasarkan beberapa pertimbangan, dan konsultasi dengan pi­hak-pihak yang terlibat di­dalamnya.

Terpilihnya kembali ke­tua untuk periode 2016-2020, ada beberapa target yang harus dicapai di­antara­nya terakreditasinya insti­tusi pedidikan paling lambat 2018. Untuk persiapan me­nurutnya, bukan sesuatu yang mudah karena perlu persiapan dengan matang dari segala sesuatu mulai dari SDM.

Dari 58 tenaga dosen 34 orang diantaranya masih proses S2, 30 orang sudah dan sedang menjalankan kuliah S2 dan empat orang diantaranya akan di­pro­gram­kan untuk melanjutkan S2. Ia mengharapkan, em­pat orang dosen ini sudah dikirim tahun 2016.

Selain itu, dari segi sa­rana dan prasarananya me­nar­­getkan penyelesaian ge­dung di akhir tahun 2016 ini. Gedung yang dibangun tiga tingkat ini desainnya di­serah­kan sepenuhnya pada Ketua STIKes. Dan untuk lantai dua direncanakan untuk laboratorium, dan dua lantai lainnya untuk penambahan pen­gem­bang­an ruang belajar.

Pelantikan ketua STI­Kes Mercubaktijaya ini ak­an dihadiri oleh lebih ku­rang 100 undangan tediri dari stakeholder, institusi kesehatan yang ada di Pa­dang, para pimpinan rumah sakit yang ada di Padang, pimpinan STIKes yang ada di Padang, serta sejumlah kepala sekolah SMA, guna memberikan informasi dari institusi pendidikan karena tidak semua mengetahui STIKes Mercubaktijaya su­dah terakreditasi B. (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 04:21:44 WIB

    STIKes Mercubaktijaya Segera Buka Prodi Terapi Wicara

    PADANG, HALUAN—Jika ti­dak ada aral melintang, bebe­rapa bulan ke depan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang akan menerima mahasiswa baru untuk program studi baru terapi wicara, untuk kapasitas pene­rimaan akan dibuka seluasnya .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]