Mahasiswa PNB Kunjungi Haluan


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:11:39 WIB

PADANG, HALUAN —  Se­banyak 48 mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris Bisnis Politeknik Negeri Beng­kalis (PNB) melakukan kun­jungan industri ke Kantor Harian Umum Haluan, Ta­bing, Senin (1/2). Dari ku­njung­an tersebut, mahasiswa PNB memeroleh pemahaman terkait pengelolaan industri media cetak.

Kedatangan rombongan yang terdiri dari 48 mahasiswa dan empat dosen pendamping itu disambut oleh Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Haluan Rakhmatul Akbar, Staf Khusus Pimpinan Litbang Alfarino Ikhsan dan Redaktur Haluan Ramadhani. Setelah rombongan PNB memaparkan tujuan, secara bergantian Red­pel,  Staf Khusus Pimpinan Litbang dan Redaktur men­jelas­kan dinamika pengelolaan industri media cetak .

“Tujuan kami membawa mahasiswa ke kantor Haluan tentu saja agar mereka dapat melihat langsung bagaimana proses industri media cetak berjalan. Jika selama ini me­reka mengenal berbagai teori industri di dalam kelas per­kuliahan. Maka ini waktunya mereka melihat praktek lang­sung di lapangan,” ucap Diah Paramita Sari, salah satu dosen pendamping.

Setelah tuan rumah ber­gantian menjelaskan me­ka­nis­me kerja di ruang redaksi, usaha, pra-cetak, cetak dan sirkulasi, rombongan maha­siswa PNB pun antusias saat memasuki sesi tanya jawab. Pertanyaan teknis seperti jam kerja, peliputan, hingga ke­suli­tan-kesulitan yang ditemukan dalam proses produksi dan pemasaran menjadi pertanyaan yang sering diajukan.

Namun semua pertanyaan yang dilontarkan dapat dijawab dengan lugas oleh ketiga nara­sumber sesuai dengan kapasitas masing-masing. Begitu pula dengan pertanyaan yang diaju­kan tiga dosen pendamping lain yang terdiri dari M Sabri, Boni Saputra dan Aswandi.

Setelah sesi tanya-jawab berlangsung selama kurang lebih satu jam, para mahasiswa pun diajak untuk tourshow ke ‘dapur’ Haluan guna melihat proses pekerjaan yang tengah berlangsung di keredaksian, hingga persiapan di ruang percetakan. Kunjungan pun diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari PNB kepada Haluan yang disambung sesi foto bersama.

“Tentu saja ini pengalaman menarik bagi saya, sejauh ini saya hanya melihat hasil jadi dari industri media cetak, be­rupa koran. Tapi saat ini saya ber­kesempatan melihat lang­sung proses-proses yang terjadi di industri ini, hingga meng­hasil­kan koran yang menjadi su­m­ber informasi bagi semua ka­lang­an,” ucap Siti, salah seorang mahasiswa PNB. (h/isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]