MRA Indosat Beri Pelatihan Kepemimpinan


Selasa, 02 Februari 2016 - 03:12:49 WIB
MRA Indosat Beri Pelatihan Kepemimpinan KARYAWAN Harian Haluan mengikuti pelatihan leadership, corporate culture and coaching conseling dari pemateri Manager Regional Area Sumbar PT. Indosat, Syamsul Bahri, Senin (1/2) di ruang pertemuan Harian Haluan. (ISRA)

PADANG, HALUAN —  Se­tiap pemimpin harus sadar bahwa dirinya adalah pe­mim­pin. Karena itu setiap pemimpin harus me­ning­kat­kan kadar ke­pemim­pinan­nya agar apa yang di­pim­pin­nya dapat meng­hasilkan se­suatu yang diimpikan.

“Namun, kenyataan saat ini banyak pemimpin yang tidak sadar dia adalah pe­mimpin. Akibatnya, tim yang dipimpinnya bekerja asal-asalan dan hasil yang diinginkan pun jauh dari harapan,” ujar Syamsul Ba­h­ri yang menjadi trainer kepemimpinan dihadapan 30 an lebih karyawan Hari­an Haluan Senin (1/2) siang di ruang pertemuan Haluan.

Pemimpin itu kata Ma­nager Regional Area (MR­A) Sumbar PT. Indosat itu ha­ru­s optimis, mandiri, dan tampil beda. “ Seorang pemimpin atau leader harus memiliki sikap optimis dalam apa yang di­pimpin­nya. Dia saja tidak optimis dengan apa yang di­pimpin­nya, bagaimana tujuannya yang seharusnya bisa ter­capai,” ujarnya dalam acara pelatihan leadership, cor­po­rate culture and coaching conseling di hadapan Pe­mim­pin Redaksi (Pemred) Harian Haluan, Yon Erizon, Wakil Pimpinan Peru­sa­ha­an (WPP) Harian Haluan, David Mardian dan puluhan karyawan lainnya dari ber­bagai divisi.

Menjadi seorang pe­mi­m­­pin untuk mengatur kar­ya­­wan atau anak buah dalam sebuah perusahaan bu­kan­lah hal yang mudah. Se­ora­ng pemimpin tak perlu ha­rus marah-marah atau ber­teriak kepada bawahannya. Karena, dengan hal tersebut justru membuat jarak antara karyawan dengan Anda.

“Sikap pemimpin ada­lah harus yang memiliki sifat tegas namun dapat mengayomi dan merangkul karyawannya. Sehingga, ti­dak ada rasa takut dari kar­ya­wan terhadap atasannya,” ungkapnya.

Selai itu pemimpin juga harus sering melakukan komunikasi dengan kar­ya­wan agar dapat mengetahui permasalahan karyawan. Cara ini dilakukan agar apa yang menjadi kendala dalam sebuah tim dapat dicari penyelesaiannya.

“Melalui brainstorming yang inten dengan karyawan akan dapat meminimalisir permasalahan di tim yang dipimpin,” paparnya.

Pemimpin itu layaknya seorang pelatih (coach) yang mengatur karyawannya untuk mencapai suatu tu­juan atau goal. Sehingga diperlukan strategi yang baik, bagus dan terencana agar bisa mencapai hasil yang maksimal.

“Rumusnya yaitu pe­nge­tahuan tambah skill tam­bah proses. Baru setelah itu mindset. Ketika pemipin sudah mengerti hal akan mudah untuk memimpin tim yang akan dipimpin.

Misalnya tentang pe­nge­tahuan, pemimpin harus tahu sejauh apa pengetahuan karyawannya tentang pe­kerja­an yang digelutinya. Setelah itu seberapa besar skill yang dimiliki tentang bidang yang digelutinya baru setelah itu proses. “Coaching itu bagaimana seorang pe­mimpin bisa me­ngel­uarkan potensi diri dari tim yang dipimpinnya,” ucapnya.

Semenatara itu, WPP Harian Haluan, David Mar­dian berharap dengan pe­latihan kepemimpinan yang diberikan dapat menjadi dasar bagi setiap karyawan untuk bisa menjadi anggota tim yang baik dan bisa me­ng­hormati pimpinannya.

“Kita tentu ingin dengan menjadi tim yang solid kita akan dapat mencapai cita-cita Haluan yang sama-sama kita impikan,” ujarnya.

Dalam pelatihan ke­pe­mimpi­nan yang ber­langsung sekitar dua jam tersebut juga diwarnai berbagai macam permainan seperti meng­gambarkan karakter teman bicara dan permainan tepuk pramuka untuk melatih ke­kompakan tim. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 November 2019 - 20:22:31 WIB

    Dramatis! Irfan Amran Jadi Ketua Umum Kadin Padang

    Dramatis! Irfan Amran Jadi Ketua Umum Kadin Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah menjalani proses sidang yang alot selama kurang lebih empat jam, satu-satunya calon Ketum Kadin Padang yang tersisa, Irfan Amran akhirnya resmi terpilih..
  • Kamis, 14 November 2019 - 20:27:36 WIB

    Program Mahyeldi 18-21, Tiga Keluarga Terbaik Diberangkatkan Umrah

    Program Mahyeldi 18-21, Tiga Keluarga Terbaik Diberangkatkan Umrah PADANG,HARIANHALUAN.COM- Program 1821 yang resmi dilaunching Wali Kota Padang Mahyeldi sejak 2017 lalu, semakin dirasakan manfaatnya dan diterapkan masyarakat Kota Padang. .
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:44:59 WIB

    Pasar Siteba Semrawut, Trotoar Dipakai Berdagang

    PADANG, HALUAN—Pe­ngun­jung Pasar Siteba Padang, keluh­kan trotoar yang dipakai berjualan oleh para pedagang karena sangat mengganggu para pengunjung yang berjalan kaki..
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:39:40 WIB

    Tak Diawasi, Jalan Sandang Pangan Semrawut

    PADANG, HALUAN — Jalan Sandang Pangan penuh sesak jika sudah memasuki akhir pekan karena tak diawasi petugas. Jalan Sandang pangan menjadi semrawut karena dipenuhi pedagang dari sisi kiri, kanan dan tengah sehingga kendaraa.
  • Selasa, 10 Mei 2016 - 05:02:45 WIB

    Simpang Kandang Kembali Semrawut

    Simpang Kandang Kembali Semrawut PADANG, HALUAN — Kesemrawutan kembali diukir kawasan Simpang Kandang Pasar Raya Padang karena pedagang “nakal” kembali berjualan di kawasan yang berkali-kali sudah dibersihkan petugas tersebut..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]