Pengurus Baznas Pasbar Dikukuhkan


Selasa, 02 Februari 2016 - 10:42:07 WIB
Pengurus Baznas Pasbar Dikukuhkan Kepengurusan Baznas Pasbar dikukuhkan Pj Bupati Fajaruddin, Senin (1/2) kemarin. Ketua Baznas yang baru Hasan Basri menandatangani berita acara serathteria jabatan di Audirorium kantor bupati. (GUSMIZAR)

PASBAR, HALUAN — Kepe­ngu­rusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasaman Barat dikukuhkan Pj Bupati Fajaruddin, Senin (1/2) kema­rin,  di auditorium kantor bupati, Simpang Empat. Ha­diri pada kesempatan itu sekaligus menjadi saksi Kepa­la Kantor Kementerian Aga­ma Pasaman Barat, Marjanis, Asisten Ekonomi dan Pem­bangunan, Darul Chutni, ke­pada SKPD dan undangan.

Ketua Harian Pengurus Baznas Pasaman Barat, Nof­dinal Yefri, didampingi Ka­bag Kesra, Getri Ardenis, dihadapan pejabat bupati, kepala SKPD, dan pengurus yang baru, menyampaikan, sesuai aturan dan periodesasi kepengurusan Badan Amil Zakat Daerah Pasaman Barat saat ini telah habis masa jebatannya semenjak enam bulan lalu.

Menyikapi terjadinya ke­fa­kuman pengurus Baznas dimaksud, dan sesuai pera­turan Baznas Pusat maka  dibentuk pegurus baru.  Pe­ngu­rus Baznas Pasbar  bersa­ma berapa tokoh agama, to­koh masyarakat dan pihak ter­kait lain membentuk struktur kepengurusan Baznas Pasa­man Barat, walau penguku­han­nya dalam bentuk penu­gasan dari pejabat bupati.

Dilaksanakannya pengu­ga­­san secara khusus dari peja­bat bupati, jelas Nofdinal Yefri, disebabkan oleh belum depinitifnya bupati dan wakil bupati di daerah ini (Pasa­man Barat). Dengan harapan, susunan kepengurusan Baz­nas yang pada hari ini diberi­kan surat penugasan dari peja­bat bupati, diharapkan akan menjadi depinitif sekaligus dikukuhkan oleh bupati dan wakil bupati yang baru.

“Kita menyadari, selama enam bulan terakhir memang terjadi kefakuman dalam hal pengelolaan dan pendis­tri­busian zakat dikelola Baznas Pasaman Barar. Di sisi lain, berbagai proposal sekaligus surat permohonan dari mas­ya­rakat, juga terus bertam­bah”, kata Nofdinal Yefri, selaku kepala Badan Kepe­gawaian Daerah (BKD) Pa­saman Barat.

Akibat terjadinya kefaku­man organisasi serta belum adanya bupati dan wakil bu­pati depenitif, sebagai pemim­pin di Pasaman Barat, papar Nofdinal Yefri, dikuatkan Asisten Ekonomi dan Pem­bangunan setempat, Darul Chutni, keluhan sekaligus harapan masyarakat yang membutuhkan tidak bisa dila­yani secara maksimal,  “ ujarnya.

Pejabat Bupati, Fajarudin, dihadapan pengurus Baznas (lama dan baru) bersama undangan yang hadir me­nyampaikan, dari penjelasan pengurus Baznas Pasaman Barat, perolehan dana zakat terkumpul pada setiap tahun­nya berkisar antara Rp5,5 sampai Rp6 milyar. Semua­nya terkumpul atau disa­lurkan melalui Baznas Pasaman Barat.

Dengan dberikannya pe­nu­gasan secara khusus kepada pengurus Baznas Pasaman Barat yang baru,  peranserta Baznas meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi de­ngan mengangkat taraf hidup dan kesejahteraan warga Pasa­man Barat meningkat. “Ka­laulah dana terkumpul di Baznas Pasaman Barat men­capai antara Rp5,5 sampai Rp6 milyar per tahun, oto­matis mampu mengangkat tarah hidup masyarakat, me­la­lui program dan peman­faatan yang maksimal”, katanya.

Struktur kepengurusan Baznas Pasaman Barat yang ditugaskan sekaligus diku­kuhkan pejabat bupati  Senin kemarin adalah, posisi ketua dipercayakan kepada Hasan Basri, wakil ketua masing-masing Ramlan TH, Syakban, Munzir, Sekretaris diper­cayakan kepada Suharjo Lu­bis, dan Bendahara diama­nahkan kepada Yetriza (pegawai Pemda), dibantu oleh tim sekretariat.  (h/gmz)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]