Warga Sunda di Padang 1.500 KK


Selasa, 02 Februari 2016 - 12:15:52 WIB
Warga Sunda di Padang 1.500 KK WAKIL Walikota Padang, H. Emzalmi menerima cenderamata dari pengurus PWS Sumbar dalam acara silaturahmi organisasi tersebut di aula Makorem, kemarin (31/1).

PADANG, HALUAN—Pe­ng­urus Paguyuban Warga Sunda (PWS) siap bersinergi dengan Pe­merintah Provinsi Su­ma­tera Barat (Sumbar) dan Kota Padang khususnya dalam membangun daerah.

Hal itu terungkap dalam silaturahmi paguyuban warga Sunda terse­but di aula Ma­korem, ke­marin. Pada kesem­patan itu Sek­da Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menga­takan, melalui silaturahmi kali ini berharap semakin mempererat hubu­ngan antara suku Sunda de­ngan suku Minang.

“Kita berharap, dari ma­sing-masing perbedaan tidak mempengaruhi dalam ber­hubungan sosial. Apalagi antara Sunda dan Minang memiliki banyak kesamaan, “ujar Iwa.

Kemudian, Wakil Wali­kota Padang H. Emzalmi menga­takan, Kota Padang selalu terbu­ka bagi apapun suku dan ber­bagai ras yang ada di In­donesia.

“Untuk itu, siapa saja yang su­dah menetap di bumi Ra­nah Mi­­nang, anggaplah se­perti ru­mah atau kampung sendiri. Se­hingga diharapkan, dari per­be­daan-perbedaan yang ada se­perti antara sunda dan minang, akan tetap men­jaga keharmo­ni­san dan saling mendukung demi kemajuan daerah ,” se­butnya.

Ketua PWS Sumbar Aji Rukmana mengatakan, ke­pe­ngu­rusan PWS Sumbar ada di berbagai kabupaten/kota di Sumbar. Khusus di Kota Pa­dang, anggotanya lebih ku­rang mencapai 1.500 Kepala Ke­luarga (KK).

“Untuk keseluruhan di Sumbar, diperkirakan warga Sunda mencapai puluhan ribu. Rata-rata mayoritasnya berprofesi sebagai pedagang dan petani. Untuk itu, pada pertemuan ini kami berharap, semoga Pemko Padang dan PWS senantiasa menjaga sinergi, keharmonisan dan saling memajukan warga Sun­da di sini. Seperti menambah kreasi budaya sunda di Sumbar,” imbuh Ketua PWS yang baru terpilih tersebut.

Pada kesempatan itu, juga ditampilkan berbagai kese­nian sunda dari Institut Seni Bandung Indonesia (ISBI). (h/ita)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]