Ada 2.959 PKL di Padang


Selasa, 02 Februari 2016 - 13:38:51 WIB

PADANG, HALUAN — Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Padang memang sudah mengakar dan berkembang biak dari tahun ke tahun. Akibatnya, Pemerintah Kota Padang harus mampu mengatur dan men­carikan solusi yang tepat supaya PKL tersebut tidak semakin memamah biak.

Tercatat, sebanyak 2.959 PKL di Kota Padang yang tersebar di Pasar Raya Padang dan di delapan pasar pembantu. Penge­lolaan PKL tersebut dikelola dan diawasi oleh Dinas Pasar Kota Padang.

“Jumlah PKL tersebut memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak terlepas dari melemahnya perekonomian dan sejak terjadinya gempa pada 2009 silam,” ujar Kepala Dinas Pasar Kota Padang Endrizal pada Haluan, Senin (1/2) di ruang kerjanya.

Disampaikannya, dari jumlah PKL yang saat ini tercatat ada sekitar 30 persen di dalamnya merupakan pedagang akibat gempa dan berada di penampungan yaitu di sekitar Pasar Baru Simpang kandang yang menjual sandang pangan. Maka itu, Dinas Pasar akan meminimalisirkan dan menata supaya PKL tersebut bisa berkurang dan diberikan tempat yang layak.

“Jumlah tersebut cukup besar dan tidak bisa dimusnahkan begitu saja. Maka itu, kita harus mencarikan solusinya sesuai aturan yang ada,” tambahnya.

Labih lanjut Endrizal mengatakan, dalam penanganan PKL ini tidaklah mudah. Butuh dukungan dari berbagai pihak karena kenakalan PKL yang ter­kadang menguras energi.

Sementara itu, PKL di depan air mancur Aris yang menjual aksesoris berharap adanya perlakuan yang sama antara peda­gang dan PKL meskipun PKL tidak mem­punyai toko. Namun, ia bersyukur masih bisa diizinkan berjualan untuk memutar roda perekonomiannya.

“Kita para PKL juga ada persatuannya dan tentu saja menginginkan hak yang sama meskipun kita tidak sama dengan peda­gang,” tuturnya. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]