1.640 Mahasiswa Riau Terima Beasiswa


Rabu, 03 Februari 2016 - 02:44:51 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Provinsi Riau, melalui Biro Kesra, akhirnya menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu yang ada di Provinsi Riau. Setelah pada tahun 2015 yang lalu tertunda, jumlah mahasiswa yang medapatkan bea­siswa ditahun 2016 ini sebanyak 1.640 mahasiswa dari berbagai universitas.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Oyong Ezedin, mengatakan, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa merupakan mahasiswa yang masih aktif baik di per­guruan tinggi negeri maupun swasta, S1 dan D3. Dan yang berhak menerima beasiswa meripakan warga Riau yang tidak mampu, dan mendapatkan surat tidak mampu dari pemerintah setempat.

“Jadi tahun 2015 yang lalu beasiswa sempat tertunda, dan baru kita realisasikan di tahun ini. Masing-masing mereka mene­rima beasiswa sebanyak Rp3,5 juta,” ujar Oyong Ezedin, di ruang kerjanya, Senin (1/2).

Dijelaskan Oyong, angaran yang tersedia di APBD 2016, sebanyak Rp5,740 miliar.

Pemprov

Bagi mahasiswa yang menerima bea­siswa ini akan di transferkan langsung ke rekening mahasiswa di Bank Riau Kepri. Tanpa harus bertemu dengan pejabat yang ada di Pemprov.

“Kita tidak ada tatap muka dengan mahasiswa, kalau semua data mereka lengkap mereka mendaftar ulang, untuk disiapkan SP2D nya. Tidak ada pemotongan sepersenpun dari beasiswa yang diterima mereka banti,” tegas Oyong

Selama dibukanya beasiswa dari Pem­prov Riau, yang mendaftar sebanyak 5000 orang. Namun setelah diveriikasi hanya 1640 mahasiswa yang memenuhi syarat. Se­dangkan yang lain tidak memenuhi sya­rat.”Kita memilahnya berdasarkan ranking dan data yang lengkap,” tutup Oyong.

Bagi Mahasiswa yang mengajukan per­mohonan yang akan mengajukan pro­posal Beasiswa, Pemprov Riau memberikan kesem­patan pada tanggal 1 Februari sampai 29 Februari 2016. Dengan persyratan, Surat ke aktif kuliah universitas, Legalisir Kartu Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku. Foto copy KTP, KK, Kartu Hasil Study legalisir minimal IPK 2,75.

Surat tidak mampu, surat keterangan tidak menuntut hasil seleksi, surat per­nyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain. Surat pernyataan keabsahan data yang diberikan, surat keterangan tidak mampu atau ekonomi rendah dari kelurahan atau desa. Fotokopi rekening Bank Riau Kepri atas nama sendiri,  pas foto 3 x4, 2 lembar.

Proposal diajuka ke Gubernur Riau Cq, biro administrasi kesra.

Jika tidak melengkapi apa yang telah ditetapkan maka proposal dinyatakan tidak layak, dan tidak ada usulan, permohonan dibuat perorangan dan tidak kolektif. Untuk S1 proposan berwarna kuning dan D3 berwarna hijau. (nur)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]