TNI Bangun Sekat Kanal di Bengkalis


Rabu, 03 Februari 2016 - 02:46:12 WIB
TNI Bangun Sekat Kanal di Bengkalis Danrem 031/WB Brigjen Nurendi bersama pihak terkait, meninjau pembangunan sekat kanal di Bukit Batu, Bengkalis, Senin (1/2). Sekat kanal merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya karhutla.

BENGKALIS, HALUAN — Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, jajaran Korem 031/Wira­bima membangun sekat ka­nal di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Kawasan itu termasuk salah satu kawasan yang rawan terbakar ketika musim ke­marau datang.

Langkah tersebut seka­ligus menindaklanjuti ins­truksi Presiden Joko Wido­do terkait upaya antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pembangunan sekat kanal tersebut bekerja sama de­ngan PT Bukit Batu Hutani Alam (BBHA), salah satu perusahaan mitra Sinarmas Forestry di Desa Tanjung Leban.

Untuk bisa sampai ke lokasi sekat kanal di ka­wasan rawa gambut, harus menggunakan sepeda motor menelusuri perkebunan sa­wit dengan jalan tanah yang licin dan sisa kayu alam yang membusuk. Ada sekitar 5 kilometer jarak harus dilalui kendaraan roda dua.

Pantauan di lokasi, sekat kanal yang panjangnya se­kitar 6,5 kilometer dengan lebar rata-rata antara empat hingga lima meter. Se­dang­kan kedalaman kanal sekitar dua hingga tiga meter. Ka­nal yang dibangun TNI ini membelah kawasan perke­bunan sawit dan lahan ko­song.

Pada Senin (1/2) kema­rin, pembangunan kanal itu ditinjau Danrem 031/WB, Brigjen Nurendi. Ikut serta dalam peninjauan itu Kepa­la Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, Pim­pinan Sinar Mas Forestry Edi Haris, Kepala Distrik PT BBHA Tji Hua dan  Humas PT Arara Abadi Sinar Mas Forestry Nurul Huda. Kedatangan mereka telah ditunggu Dandim Beng­kalis, Letkol Wahyu bersama jajarannya.

Pembangunan kanal ter­sebut selesai dilak­sanakan selama 1,5 bulan. Pem­ba­ngu­nan sekat kanal tersebut menggunakan ala berat dari PT BBHA dibantu Ma­sya­rakat Peduli Api (MPA) Kecamatan Bukit Batu. Ang­gota TNI juga terlibat langsung dalam membuat kanal sekat tersebut. De­ngan fasilits itu, level ke­tinggian air bisa disetel sesuai dengan kebutuhan.

“Fungsi sekat ini untuk mengatur level air. Jadi saat musim hujan air tidak me­luap ke pemukiman pendu­duk, sedangkan saat musim kemarau tidak terjadi ke­keringan,” ujar Danrem Brigjen Nurendi.

Ditambahkannya, saat kemarau, air di dalam kanal bisa dimanfaatkan untuk membasahi lahan yang ke­ring. Begitu juga jika terjadi kebakaran, air dalam kanal juga bisa diman­faat­kan un­tuk melakukan pe­madaman.

Dalam kesempatan itu, Danrem mengingatkan, mu­sim kemarau diperkirakan sudah mulai masuk pada Maret mendatang. Karena itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Bila ma­syarakat ingin membuka lahan, sebaiknya dilakukan koordinasi dengan Babinsa (Bintara Pembina Desa).

“Lewat koordinasi ini­lah, kita akan carikan so­lusinya. Jangan ada lagi yang membakar. Kita akan me­minta bantuan perusahaan-perusahaan untuk me­nye­diakan alat beratnya. De­ngan demikian, warga tak lagi sembarangan membuka lahan dengan cara dibakar,” kata Nurendi.

“Ini semua menindak lanjuti perintah Presiden Joko Widodo sebagai an­tisipasi pencegahan keba­karan. Kita berharap kasus yang sama tidak terulang kembali. Segala upaya kita lakukan termasuk mem­bentuk tenaga pembina de­sa,” tambahnya. (h/man)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Februari 2020 - 13:33:07 WIB

    Cap Go Meh 2020 Sukses, Perayaan Multi Etnik harus Berlanjut

    Cap Go Meh 2020 Sukses, Perayaan Multi Etnik harus Berlanjut PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan warga tumpah ruah di kawasan Jembatan Siti Nurbaya, PadanG, Sabtu (8/2) sore lalu. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan berbagai atraksi kesenian budaya multi etnik yang khusus diselengga.
  • Rabu, 17 Mei 2017 - 02:03:09 WIB

    TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut TKI Ilegal

    BATAM, HALUAN - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Satgas Barelang 17 mengamankan sebuah kapal berisi 14 TKI dan dua ABK yang hendak pulang ke Indonesia melalui jalur ilegal..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:21:48 WIB

    Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian

    SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai. .
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:12:20 WIB

    Oknum Diduga TNI dan Lima Wanita Terjaring Razia

    Oknum Diduga TNI dan Lima Wanita Terjaring Razia PEKANBARU, HALUAN — Oknum diduga TNI terjaring razia yang digelar Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, Satpol PP Riau dan Polisi Militer (POM) di salah satu kos kawasan Jondul, Kota Pekan­baru, Riau.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:52:31 WIB
    Sekujur Tubuh Pratu Wahyudi Terbakar

    Prajurit TNI Hilang Usai Padamkan Api Ditemukan Tewas

    Prajurit TNI Hilang Usai Padamkan Api Ditemukan Tewas PEKANBARU, HALUAN — Pratu Wahyudi anggota TNI AD yang hilang sejak usai bertugas memadamkan api di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau, Rabu (23/8), ditemukan sudah mening­gal. Saat ditemukan, tubuh korban dipenuhi luka bak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]