Penahan Tebing Batang Piaman Segera Diperbaiki


Rabu, 03 Februari 2016 - 02:48:31 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Siple beton yang rusak pada aliran Batang Piaman jati bypass, tahun ini diperbaiki dengan APBD Kota Pariaman tahun 2016.

Siple penahan tebing dari beton pancang di aliran ba­tang piaman di jati by­pass, dibangun tahun 2011, dalam bentuk pekerjaan normalisasi sungai. Setahun kemudian, mengalami kerusakan, akibat gerusan erosi.

“Kerusakan terjadi di dua titik dalam waktu yang tidak sama kejadianya,” kata Ke­pala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, Asrizal ke­pada Haluan, Selasa (2/2).

Batang Piaman berarus deras, apalagi jika hujan di hulu, debit air di sungai ini sangat tinggi dan deras. Siple beton yang roboh di aliran sungai tersebut terdapat pada dua titik, itu terjadi pada tahun yang berbeda, tahun 2012 dan 2013.

Tahun 2014, pernah ren­cana pemerintah kota untuk memperbaiki siple beton yang rusak tersebut, namun setelah tender dan ada kontraktor pemenang, ternyata tidak sanggup mengerjakanya.

Sementara gerusan air terhadap dasar sungai yang membahayakan sipel beton, makin turun, maka dila­ku­kanlah rip rap atau susunan batu ke dasar sungai untuk membantu mencegah gerusan yang makin dalam.

Maka tahun 2016, kita anggarkan lagi di APBD un­tuk perbaikan siple beton yang berfungsi penahan tebing di kiri kanan sungai batang pia­man bypass jati tersebut.

“Belum tender, dan segera dilakukan terndernya,” kata  Asrizal. Mudah-mudahan ta­hun ini kerusakan siple beton yang berfungsi penahan tebing dikiri kanan aliran batang piaman itu dikerjakan. 

Kerusakan  siple beton tersebut tampak dari jalan raya diatas jembatan bypass jati. Bentuk kerusakan siple patah dari dasar sungai rebah ke dalam aliran sungai. Bekas patahan  membentuk jurang sekitar 3-4 meter dan mem­bahayakan lokasi sekitar. (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]