Makin Banyak Warga Urus Dokumen ke Capil


Rabu, 03 Februari 2016 - 02:49:28 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Penge­luaran dokumen kependudukan  Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik, (KTP El) saling kejar di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Pariaman.

Kejar-kejaran angka tersebut, kata Sumiramis,Selasa (2/2) terjadi selama Januari 2016 ini. KK yang dikeluarkan selama Januari seb­a­nyak 37 lembar, dan KTP El seba­nyak 36 keping.

Makin banyaknya warga me­ngu­rus dokumen keluarga ke Di­nas Catatan Sipil, suatu pertanda baik, bahwa warga telah paham akan arti dan kegunaan dokumen tersebut.

Apalagi sekarang, KTP-El, berlaku seumur hidup, jadi do­kumen kependudukan  semakin perlu dan penting diurus warga.

KTP-El berlaku seumur hidup walau masa berkaunya sudah ha­bis, itu berdasarkan Undang-Undang  No24 tahun 2013.

KTP El yang sudah dikeluarkan sejak tahun 2011, berlaku seumur hidup, tak perlu diperpanjang, walau masa berlakunya sudah habis. Kecuali, terjadi perubahan status dokumen, seperti lajang yang menikah, itu KTP elnya perlu dirubah statusnya. Setelah itu masa berlakunya tetap seumur hidup.

Surat edaran dari Menteri Dalam Negeri tersebut bertanggal 29 Januari 2016, melanjutkan surat edaran nomor 470/327/SJ ter­tanggal 17 Januari 2014 perihal perubahan kebijakan dalam penye­lenggaraan administrasi kepen­dudukan serta memperhatikan amanat Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kepen­dudukan, kata Sumiramis. (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]