Biaya Perawatan Jaringan UPTD Air Bersih Rp500 Juta


Rabu, 03 Februari 2016 - 02:50:10 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Tahun 2016, biaya perawatan bangunan WTP dan jaringan pipa utama air bersih di Kota Pariaman, sama dengan tahun lalu, yakni  sebesar Rp500 juta.

Kepala UPTD Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, Hendri, menjawab Haluan, Senin (1/2), bahwa biaya perawatan te­rsebut berasal dari APBD tahun 2016.

Kondisi pipa-pipa air bersih di Kota Pariaman saat ini memang butuh perawatan, karena masih banyak yang bocor, sehigga air bersih yang mengalir dalam pipa untuk masyarakat tersendat.

Bentuk kerusakan yang sering ditemui di lapangan, diantaranya sambungan pipa dan bantang pipa yang bocor. Hal ini bisa disebabkan tekanan air, pipa yang sudah haus, karena waktunya sudah terlalu lala.

Kebanyakan yang menjadi fo­kus perbaikan itu adalah jaringan, ka­rena disini yang banyak me­ngalai kerusakan, tambah Hen­dri. Tentang jalur air bersih, me­mang sudah hampir merata di kota pariaman, namun sam­bu­ngan yang terbanyak itu masih di komplek-komplek peru­ma­han.

Sebab ke­banyakan rumah warga di pusat kota pariaman, masih terkoneksi dengan sam­bungan air bersih PD­AM yang lama. Menurut Hendri, pasokan air bersih dari UPTD Air Bersih di Kota Pariaman, bagi warga yang belum terairi air bersih, itulah yang kita ambil. Dan di Kota Pariaman perumahan-peri­mahan banyak terus bermun­culan, inilah yang kita kejar.

Air bersih di Kota pariaman, tidak hanya mengandalkan WTP dari Cubadak Mentawai, tetapi juga ada sumur bor, dan itu dibuat di daerah-daerah ketinggian, melalui dana pusat, seperti Pam­simas mi­salnya.

Kota Pariaman secara geog­rafis, daerahnya ada juga yang berbukit.

Umumnya daerah yang ber­bukit tersebut sulit air bersih, banyak warga mengambil air ke tempat-tempat yang kerendahan.

Dengan dibangunya sarana air bersih berbentuk sumur bor di daerah daerah ketinggian ter­sebut warga tidak sulit lagi men­dapatkan air bersih, karena dari sumur bor disambungan ke ru­mah warga, yang pengelolaanya oleh BP SPAM.

Tahun 2015, perumahan yang sudah diari air bersih di Kota Pariaman diantaranya, Jati Raya, Tata bakri dan perumahan di San­tok. Total Sambungan Rumah (SR) yang terpasang sampai pada tahun 2015 sebanyak 60 SR. Tahun 2016, UPTD Air Bersih Kota Pariaman punya target 80 Sambungan Rumah (SR). (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]