Dampak Negatif Ponsel Pintar Tingkatkan Penjualan Optik


Rabu, 03 Februari 2016 - 02:52:17 WIB

PADANG, HALUAN — Di ba­lik manfaat yang dita­war­kan oleh ponsel pintar (smart­phone) untuk me­nun­jang pekerjaan manusia, terdapat dampak negatif bagi penggunanya, terutama di kalangan pelajar. Myopia atau rabun jauh yang dise­bab­kan oleh pemakaian pon­sel pintar yang tidak ter­kontrol, ternyata memiliki dampak yang positif bagi para pengusaha optik.

“Dalam dua tahun bela­kangan ini, jumlah orang ber­usia 40 tahun ke atas dan 40 tahun ke bawah yang me­meriksakan matanya, relatif se­imbang ,” ungkap Jafni War­ti, pemilik Optik Khai­ra­ni di jalan Raya Siteba, Padang, Senin (1/2).

Ia menjelaskan, mayo­ri­tas penderita rabun jauh yang berumur 40 tahun ke ba­wah yang  datang ke optik­nya, mayoritas dari ka­la­ngan pelajar dan ma­ha­siswa. Rata-rata mata mere­ka berada pada minus 1 hingga 2. Yang lebih mem­pri­hatinkan, tidak sedikit anak SD yang matanya minus 2.

Sejak dua tahun yang lalu, kata Jafni, biasanya ia ha­nya menangani rata-rata 25 hingga 40 orang pasien per bulan. Sejak maraknya pe­makaian ponsel pintar, jum­lah itu meningkat ham­pir 80 persen. “Dulu hanya orang-orang  tua yang da­tang memeriksakan mata­nya, sekarang anak muda pun sudah banyak yang me­makai kacamata,” tutur­nya.

Prihatin melihat marak­nya dampak buruk perkem­bangan teknologi yang tidak dapat dibendung, Jafni me­nyediakan bebera­pa merek lensa yang bisa menahan radiasi cahaya ponsel pintar terhadap pengunanya. “Di sini kami menyediakan be­berapa merek terbaik untuk para penguna ponsel pintar terhadap ganguan rabun jauh. Kami juga selalu me­nganjurkan untuk  memakai produk-produk yang bekua­litas seperti Evoliq, Vaeilux dan sebagainya,“ sebutnya.

Senada dengan Jafni, Ita, pemilik Zaf Optikal juga mengaku bahwa belakangan ini yang lebih dominan me­meriksakan matanya keba­nyakan dari golongan anak mu­da yang merupakan pela­jar dan mahasiswa.

“Kaca mata itu bukan obat, melainkan hanya alat bantu. Sebaiknya gunakan kacamata berlensa antira­dia­si sebelum terkena gang­guan penglihatan,” saran­nya. (h/mg-ysn)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM