Tiga Pelatih Asing Berikan Pelatihan


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:03:06 WIB

PADANG, HALUAN — Tiga orang pelatih asing memberikan pelatihan untuk para pelatih cabang olahraga Sumatera Barat. Pelatihan ini sendiri, bagian dari persiapan Sumatera Barat untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung Jawa Barat. Pelatihan sendiri diadakan di Gedung KNPI Sumbar, Selasa (2/2).

Dua orang pelatih berasal dari Jepang yaitu Tatsuno Ma­sakazu dan Sengoku Tsuneo serta dari Sri Langka Ranil Harshana. “Pelatih dari Jepang merupakan pelatih judo sedangkan Ranil sendiri merupakan ahli nutrisi dan lebih spesifikasi ke olahraga beladiri,”ujar Waketum II KONI Sumbar Handrianto, kemarin.

Lebih jauh Handrianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud keseriusan dari KONI Sumbar untuk mencapai target meraih 16 medali emas pada PON. “Pada Pra PON lalu tidak ada yang mendapatkan medali emas, untuk itu kami sangat serius untuk mempersiapkan atlet,” jelasnya lagi.

Selain dengan men­da­tang­kan pelatih asing ini, KONI juga menerapkan strat­egi lain yaitu dengan mengadakan TC  jangka panjang. “Nantinya cabang olahraga akan didatangi oleh para pelatih asing tersebut secara bergilir. Untuk itu saya meminta para pelatih untuk memanfaatkanya dengan se­baik mungkin untuk menggali ilmunya,”ungkapnya.

Sementara itu Handrianto berpendapat gagalnya atlet Sumbar untuk berprestasi mak­simal di Pra PON lalu di­sebabkan karena persiapan yang minim. “Persiapan yang minim tersebut disebabkan karena anggaran juga mi­nim,” paparnya lagi.

Untuk atlet  Sumbar yang lolos ke PON hingga saat ini adalah sebanyak 407 orang dan masih akan bisa bertambah. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan PON 2012 lalu yaitu sebanyak 299 orang. “Jadi selama TC panjang ini tidak semua atlet yang dibiyai,”paparnya lagi.

Adanya cabang olahraga yang meminta latihan ke luar negeri, Handrianto atau yang akrab disapa dengan Sabam ini mengatakan untuk perorangan bisa saja. “Jika memang hasil diskusi dengan Pengprov bah­wa si atlet berpotensi meraih medali emas maka bisa saja dikirim ke luar ne­geri,” ung­kapnya lagi.

Lebih jauh Sabam juga me­ngatakan bawa ada ren­cananya akan mengadakan ujicoba atau latihan ke Ma­laysia. “Sebab biaya ke Ma­laysia tidak jauh berbeda de­ngan ke Jawa. Selain itu kami juga memiliki hu­bungan baik dengan Ma­laysia,”paparnya lagi. (h/san)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]