Hari Ini

DPRD Paripurnakan Pasangan Bupati Terpilih


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:07:45 WIB

Limapuluh Kota, Haluan — Hari ini, Rabu (3/2), Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kabu­paten Limapuluh Kota telah menjadwalkan Sidang Paripurna Istimewa penetapan pasangan Bupati Liampuluh Kota terpilih. Sidang Pari­purna yang akan digelar di gedung dewan ter­sebut akan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB.

“Seluruh persiapan Pari­purna Penetapan pasangan calon terpilih sudah ram­pung,” terang Desri, Kepala Sekretariat DPRD Kabu­pa­ten Limapuluh Kota PADA Haluan, Selasa (2/2). Untuk suksesnya paripurna, lanjut­nya, DPRD Kabupaten Lima­puluh Kota telah menyebar­kan sebanyak 1.000 undangan untuk seluruh masyarakat Kabupaten ini.

“Dari Walinagari di 79 Nagari, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, Kepala SKPD dan unsur muspida turut diundang. Sebanyak 1.000 undangan sudah kita bagikan,” ucapnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin, mengungkapkan, paripurna terhadap pene­tapan Irfendi Arbi - Ferizal Ridwan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama anggota Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Lima­pu­luh Kota untuk menin­dak­lanjuti penetapan dari KPU. 

“Sehari setelah penetapan pasangan terpilih di KPU, selanjutnya diparipurnakan oleh DPRD terhadap pasa­ngan yang telah ditetapkan tersebut. Hasil dari paripurna tersebut, dikirim ke Menteri Dalam Negeri melalui Gu­bernur Sumbar,” jelas Safa­ruddin.

Terkait Pansus Pilkada yang telah dibentuk DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, dikatakannya lagi, Pansus akan tetap berlanjut hingga persoalan Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota tuntas. “Pan­sus Pilkada tetap lanjut. Ke­beradaan Pansus tersebut tidak mempengaruhi proses paripurna terhadap pasangan pemenang Pilkada,” te­rang­nya.

Dijelaskannya, Pansus Pil­ka­da Kabupaten Limapuluh Kota sebenarnya bukan mem­persoalkan hasil dari Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota. Melainkan persoalan kinerja KPU yang menggunakan APBD Kabupaten Limapuluh Kota.

Secara terpisah, Ketua Pansus Pilkada, Tedi Sutendi mengatakan, sampai saat ini pansus masih berjalan dalam mengatasi Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota. “Disini, fungsi dari legislatif me­nga­wasi penggunaan anggaran daerah oleh KPU dalam Pil­kada lalu,” terangnya.

Dalam waktu dekat, ung­kapnya, Pansus Pilkada Kabu­paten Limapuluh Kota akan mengeluarkan rekomendasi  untuk ditindaklanjuti oleh instansi terkait, termasuk penegak hukum.

“Pansus berawal dari ada­nya dugaan ketidak beresan dari kinerja KPU hingga pe­ne­tapan calon peserta Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota. Dalam waktu dekat, pansus akan melahirkan sejumlah rekomendasi  untuk ditin­daklanjuti oleh DPRD, terma­suk sejumlah instansi yang terkait,” terangnya. (h/ddg/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]