Banyak Pos Kesehatan Nagari Menumpang


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:09:53 WIB

PAINAN, HALUAN — Se­jumlah Pos Kesehatan Nagari (Poskesri) di Kabupaten Pe­sisir Selatan (Pessel) masih nebeng (menumpang-red) di rumah-rumah warga. Hal itu terungkap saat 182 nagari di Pesisir Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari tahun 2016.

Terpantau, nyaris disemua nagari di Pessel saat Mus­renbang mengajukan usulan pembangunan gedung Pos Kesri. Di kampung yang su­dah ada Bidan Desa namun belum ada Poskesri, pe­la­yanan kesehatan masyarakat berlangsung di rumah ma­syarakat atau tempat yang disewa.

Di Nagari Amping Parak misalnya, pada Musrenbang yang digelar Selasa (2/2) ter­sebut, dari enam kampung yang ada terdapat dua kam­pung tidak punya gedung Poskesri yakni Padang Tae dan Koto Tarok.

Pj Walinagari Amping Parak Habil Rivai me­nye­butkan, Bidan Desa yang ditu­gaskan di Poskesri di dua kampung tersebut masih me­manfaatkan rumah warga yang ditumpang sewa untuk memberikan pelayanan kepa­da masyarakat.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni mengatakan, Pessel memiliki 280 lebih Bidan Desa dan seharusnya jumlah Bangunab Poskesri sebanyak itu pula. Jumlah bangunan Poskesri terus ditingkatkan secara bertahap.

Menurutnya, ketersediaan dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan Poskesri sangat terbatas. Dalam satu tahun ini hanya bisa dibangun sepuluh unit.

Ia mengulas, dengan jum­lah 280 unit Poskesri dira­sakan sudah mencukupi un­tuk memberikan bantuan pelayanan kepada masyarakat karena disamping itu ada juga Puskesmas Pembantu dan Puskesmas di kecamatan. Puskesmas di Pesisir Selatan saat ini berjumlah 18 unit dan Pustu sebanyak 82 unit. (har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]