SMAN 3 Solsel Bagi-bagi Reward kepada Siswa


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:10:16 WIB

SOLSEL, HALUAN —Se­ko­lah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Solok Selatan (Solsel) akan memberikan reward kepada siswa kelas XII yang diterima melalui jalur prestasi di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) favorit.

“Kita dari pihak sekolah akan memberikan reward be­rupa uang transportasi pulang pergi menggunakan jalur uda­ra, asal siswa tersebut diterima di tiga PTN, antaranya, Uni­versitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Uni­versitas Gajah Mada,” kata Kepala SMAN 3 Solsel Syam­suria didampingi Wakil Ku­rik­ulum, Zulieni, Senin (1/2).

Untuk target pada 2016 jumlah siswa yang diterima PTN sebanyak 65 orang siswa.

“Alhamdulillah, pada 2015 mencapai 49 siswa yang di­terima di PTN seluruh Indo­nesia,” katanya.

Sehingga, untuk mencapai target tersebut dilakukan ke­giatan try out (TO) yang di­seleng­garakan di sekolah dan melibatkan para guru bagi siswa kelas XII dengan tiga sesi.  Dimana masing-masing sesi dilaksanakan selama enam hari.

Pada sesi pertama dilak­sanakan pada tanggal 2-7 No­vember 2015, sesi kedua 11 sampai 16 Januari 2016 dan sesi terakhir pada pertengahan Februari 2016.

“Kegiatan TO melibatkan guru bidang studi tanpa meli­burkan siswa kelas X dan XI,” tambahnya.

Selain itu, tujuan diadakan kegiatan TO tersebut adalah untuk menghadapi Ujian Na­sio­nal (UN) karena materi UN terdiri dari materi irisan kurikulim 2006 dan 2013. Sebanyak 213 siswa yang telah mengikuti TO sesi pertama didapatkan analisa sekitar 20 persen siswa memperoleh nilai diatas grade nasional dan jika dirata-ratakan mem­pero­leh nilai 5,2.

“Untuk sesi TO tahap pertama nilai masih dibawah grade nasional dikarenakan langkah awal dan diyakini pada TO sesi dua dan tiga nilai akan mengalami pening­kat­an,”lanjutnya.

Ditambahkan, berdasarka pengalaman tahun sebe­lumnya SMAN 3 Solsel berhasil mem­bina siswa untuk diterima di PTN tanpa melibatkan lem­baga bimbel. “Kita sudah dapat tips melalui salah satu PTN dan hasilnya cukup baik ka­rena penilaian tergantung passing grade dan nilai rapor siswa dari kelas X juga me­nentukan,” katanya.

Ia mencontohkan, seandai­nya seorang siswa mengambil jurusan Hukum, dan penilaian prioritas bukanlah materi Kewarganegaraan tetapi pe­lajaran Agama setelah itu Bahasa Indonesia. Sedangkan, mengenai materi ke­warga­negaraan merupakan pe­nilai­an ketiga. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]