Dana Penanggulangan Bencana Minim


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:11:24 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Minimnya anggaran yang tersedia untuk penanganan bencana, mengakibatkan penanganan bencana yang melanda Kota Sawahlunto hanya bersifat penanganan sementara.Akibatnya ben­cana longsor yang terjadi dibeberapa titik dan me­ngan­cam rumah warga, ha­rus mengusulkan proposal ke provinsi atau ke pe­me­rintah pusat.

Ketua Komisi III De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sa­wah­lunto Deri Asta menilai, pemerintah kota semestinya harus menanggapi serius permasalahan ini,apalagi  Sawahlunto termasuk da­erah yang rawan bencana. Pemko harus proaktif da­lam menganggarkan dari pemetaan rawan bencana yang akan mengancam be­berapa kwasan perumahan warga.

“Dana Rp100 juta yang dianggarkan tahun lalu, ten­tu tidak cukup dalam kon­disi pasca bencana besar, terbukti dengan yang terjadi saat sekarang ini, bencana yang melanda beberapa titik dikota ini, hanya mampu ditanggulangi dengan pe­naga­nan sementara karena dana yang tidak men­cu­ku­pi,” ungkap Deri Asta disela sela Kunjungan pe­ninjau­an lokasi longsor di daerah Saringan baru baru ini.

Selain itu sebutnya, pe­ngang­garan dana untuk pas­ca bencana rehab rekons, juga harus disesuaikan de­ngan aturan dan ketentuan berlaku.Juga yang harus menjadi pertimbangan bagi pemerintah setempat dalam jangka panjang kedepan, adalah relokasi pemukiman warga, apabila bencana yang menimpa tersebut me­nga­ki­bat­kan warga masyarakat disekitarnya harus dire­lokasi atau dipindahkan.

Dikesempatan itu Ka­bid Rehab Rekon Badan Ke­sa­tuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol PBD) Sawahlunto Arfizon me­nerangkan, dari dana yang tersedia hanya bisa pe­nanga­nan sementara pasca ben­cana, jika penanganan lebih luas dan memakan dana yang besar, maka jalan ke­luar­nya hanya dengan me­nga­jukan proposal ke pe­me­rintah provinsi atau pusat.

Namun ia menilai, un­tuk dana operasional dan mo­bi­lisasi penanganan bencana yang terjadi saat ini, sudah dianggarkan dan berjalan dengan baik.”Mudah mu­dahan ini akan menjadi pengalaman bagi kita ber­sama,untuk pengang­garan­nya bisa lebih banyak dan baik, sehingga penanganan bencana dan pasca bencana akan lebih cepat lagi,’’ kata­nya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]