Puluhan Korban Sempat Dirawat

DBD Serang Dokter di Solsel


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:11:58 WIB
DBD Serang Dokter di Solsel

SOLSEL,HALUAN— Serangan dan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak pandang siapa korban.  Di Solok Selatan bahkan seorang dokter diserang penyakit mematikan itu. DBD adalah infeksi yang di­s­e­babkan oleh virus dengue yang disebarkan nyamuk, terutama nyamuk aedes aegypti.

Memang malang sekejap mata, salah satu korban adalah seorang dokter gigi berparas manis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah  Solsel. “Saya mengetahui gejala dari hari Jumat (29/1). Badan meriang, kepala sakit dan nyeri sendi,” kata dokter gigi Melfi Dona saat ditemui Haluan, (2/1).

Baca Juga : Mudik Lebaran, Angkutan Umum di Sumbar Periksa Kelaikan

Ia menyebutkan, setelah mengetahui gejala tersebut. Ia memeriksakan di RSUD dan ternyata positif DBD. Kemu­dian pihak rumah sakit menga­hruskan untuk menjalani perawatan. “Alham­dulillah, setelah lima hari mendapatkan perawatan hari ini (2/2) saya diizinkan pulang dan dinyatakan sembuh oleh dokter,”katanya.

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Solsel, Rini Wirdaningsih menyebutkan data penderita DBD yang dirawat pada Desember 2015 sebanyak 42 orang dan seluruhnya dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan.

Baca Juga : Pj Sekdaprov Sumbar: Sopir Jangan Ugal-ugalan Bawa Mobil Dinas

Sedangkan, data Januari 2016 jumlah penderita DBD yang dirawat mengalami peningkatan yaitu mencapai 60 orang. Diantaranya, 33 orang dewasa dan 27 orang anak-anak.

“Pasien DBD yang dirawat rata-rata stadium dua dan setelah mendapatkan perawatan empat sampai lima hari di­nyata­kan boleh pulang,”kata Rini.

Ia menghimbau masyarakat untuk lebih waspada guna mengantisipasi penularan DBD karena peningkatan jumlah penderita.” Pola hidup sehat serta perilaku menimbun, menguras dan menimbun tempat yang menampung air dikarenakan curah hujan cenderung meningkat,”harapnya. (h/jef)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]