Puluhan Korban Sempat Dirawat

DBD Serang Dokter di Solsel


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:11:58 WIB

SOLSEL,HALUAN— Serangan dan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak pandang siapa korban.  Di Solok Selatan bahkan seorang dokter diserang penyakit mematikan itu. DBD adalah infeksi yang di­s­e­babkan oleh virus dengue yang disebarkan nyamuk, terutama nyamuk aedes aegypti.

Memang malang sekejap mata, salah satu korban adalah seorang dokter gigi berparas manis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah  Solsel. “Saya mengetahui gejala dari hari Jumat (29/1). Badan meriang, kepala sakit dan nyeri sendi,” kata dokter gigi Melfi Dona saat ditemui Haluan, (2/1).

Ia menyebutkan, setelah mengetahui gejala tersebut. Ia memeriksakan di RSUD dan ternyata positif DBD. Kemu­dian pihak rumah sakit menga­hruskan untuk menjalani perawatan. “Alham­dulillah, setelah lima hari mendapatkan perawatan hari ini (2/2) saya diizinkan pulang dan dinyatakan sembuh oleh dokter,”katanya.

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Solsel, Rini Wirdaningsih menyebutkan data penderita DBD yang dirawat pada Desember 2015 sebanyak 42 orang dan seluruhnya dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan.

Sedangkan, data Januari 2016 jumlah penderita DBD yang dirawat mengalami peningkatan yaitu mencapai 60 orang. Diantaranya, 33 orang dewasa dan 27 orang anak-anak.

“Pasien DBD yang dirawat rata-rata stadium dua dan setelah mendapatkan perawatan empat sampai lima hari di­nyata­kan boleh pulang,”kata Rini.

Ia menghimbau masyarakat untuk lebih waspada guna mengantisipasi penularan DBD karena peningkatan jumlah penderita.” Pola hidup sehat serta perilaku menimbun, menguras dan menimbun tempat yang menampung air dikarenakan curah hujan cenderung meningkat,”harapnya. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 19:54:33 WIB

    Tak Cuma Perangi Corona, Kegiatan Fogging DBD Gencar di Pasaman

    Tak Cuma Perangi Corona, Kegiatan Fogging DBD Gencar di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tak hanya gigih mengantisipasi penyebaran virus covid-19, petugas gabungan Dinas Kesehatan Pasaman dan unit Dikyasa Satlantas Res Pasaman juga melakukan kegiatan pengasapan atau fogging guna menceg.
  • Jumat, 11 Oktober 2019 - 20:24:12 WIB

    Dinkes Agam Fogging Lingkungan Lokasi Korban DBD

    Dinkes Agam Fogging Lingkungan Lokasi Korban DBD AGAM, HARIANHALUAN.COM - - Dinas Kesehatan Agam melakukan fogging di lingkungan rumah korban meninggal akibat DBD Surau Kariang, Nagari persiapan Surabayo, Lubuk Basung Jumat, (11/10)..
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:25:19 WIB

    Tekan Kasus DBD dengan Aksi Bersih Lingkungan

    PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Pariaman, Genius Umar minta Dinkes, Kades di Kota Pariaman terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga kasus DBD tidak menjadi langganan tiap bulannya..
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:26:51 WIB

    Waspada!..410 Kasus DBD Terdeteksi di Agam

    Waspada!..410 Kasus DBD Terdeteksi di Agam AGAM, HALUAN — Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Agam men­cemaskan. Dari catatan Puskesmas yang ada di daerah itu kasus DBD tahun 2015 lalu hanya 289, sementara dari Januari sampai September 2016 telah mencapa.
  • Jumat, 09 September 2016 - 02:25:52 WIB

    Cegah DBD di Pessel, Bupati Hendrajoni Lakukan Fogging

    Cegah DBD di Pessel, Bupati Hendrajoni Lakukan Fogging PAINAN, HALUAN - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni terjun langsung melakukan fogging (pengasapan). Kegiatan Bupati bersama petugas Dinas Kesehatan tersebut merupakan salah satu upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pent.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]